Rabu, 27 Agustus 2014

Prasasti Butulan di Gosari Ujungpangkah Kab Gresik

Prasasti Butulan adalah prasasti berangka tahun 1298 saka (1376 M) terletak di gua Butulan, kawasan pegunungan kapur di Desa Gosari, Ujungpangkah,Gresik, Jawa Timur. Tidak seperti prasasti pada umumnya yang diukir di atas sebongkah batu, prasasti ini diukirkan di permukaan dinding gua.
Penduduk desa di sekitar lokasi ini sebenarnya sudah tahu akan keberadaan prasasti ini sejak lama. Akan tetapi prasasti ini secara resmi dilaporkan ke pihak berwenang pada 2004.
Sejak 2005 penelitian telah dilakukan terhadap prasasti ini dan disimpulkan bahwa prasasti ini terkait dengan kerajaan Majapahit dan ditulis pada masa pemerintahan rajaHayam Wuruk. Juga disimpulkan bahwa prasasti ini bercerita mengenai riwayat seorang ksatriya bernama Sang Rama Samadya yang menghuni gua ini karena diasingkan. Sejarawan menduga bahwa tokoh Sang Rama Samadya mungkin sebelumnya adalah seorang ksatriya atau pejabat penting dan berpengaruh di istana Majapahit yang akibat kalah pengaruh dalam politik istana akhirnya tersingkirkan. Ia diasingkan (atau mengasingkan diri) di gua Butulan, dan melakukan semadi atau meditasi mungkin didasari alasan spiritual atau olah kanuragan (ilmu beladiri) dan untuk mencapai kesaktian.
Pada 2005 prasasti Gosari telah dibaca dan diterjemahkan Luthfi dari Universitas Gadjah Mada bersama Tim Arkeologi Deputi Bidang Sejarah Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.
Isi prasasti
1.  diwasani ngambal 1298
2.  duk winahon denira san(g) rama samadya
3.  makadi siri buyutarjah tali kur si
4.  raka durahana
Terjemahnya
1.  pada tahun 1298 saka (1376 M) di Ambal
2.  waktu itu didiami San(g) Rama Samadya
3.  buyut arjah talikur

4.  yang tersingkirkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar