Kamis, 30 September 2010

IMPERIALISME DAN KOLONIALISME DI INDONESIA

1. Latar Belakang Masuknya Bangsa Eropa ke Indonesia
Dengan jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani, maka berakhirlah kekuasaan Kerajaan Romawi Timur. Hal ini juga berakibat tertutupnya perdagangan di Laut Tengah bagi orang-orang Eropa. Bangsa Turki menjalankan politik yang mempersulit pedagang Eropa beroperasi di daerah kekuasaannya. Keadaan seperti ini menyebabkan perdagangan antara dunia Timur dengan Eropa menjadi mundur, sehingga barang-barang yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa menjadi berkurang di pasaran Eropa, terutama rempah-rempah.
Pada akhir abad ke-15 dan permulaan abad ke-16, pelaut-pelaut bangsa Eropa berhasil menjelajahi samudera yang luas dan sampai ke negeri-negeri baru seperti Amerika, Afrika, Asia Timur termasuk Indonesia.
Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
a. Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani
b. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
c. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan
bumi ini bulat
d. Penemuan kompas (penunjuk arah mata angin)
e. Semangat Reconcfuesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di manapun yang dijumpainya.
Dengan berlatar belakang inilah bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera yang dipelopori oleh bangsa Spanyol dan Portugis, serta diikuti oleh Belanda, Inggris, Perancis dan lain sebagainya.

a. Penjelajahan Bangsa Spanyol
Setelah Perjanjian Thordesillas (1492), Christopher Columbus mengajukan permohonan bantuan kepada raja Spanyol untuk berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia timur. Permintaan itu dipenuhi dengan memberikan tiga kapal yang bernama Pinta, Nina dan Maria beserta 88 orang pelaut kepada Colombus. Ketika Columbus tiba di Kepulauan Bahama, ia merasa dirinya telah sampai di Kepulauan Hindia yang merupakan sumber rempah-rempah. Walaupun di kepulauan itu tidak ditemukan adanya rempah-rempah. Selanjutnya, Kepulauan Bahama lebih dikenal dengan sebutan Hindia Barat oleh orang-orang Eropa.
Sejak Columbus menemukan kepulauan ini, maka pelaut-pelaut berikutnya hanya sampai berlayar di kepulauan ini seperti:
1. Cortez menduduki Mexico pada tahun 1519 dengan menaklukkan suku Indian yaitu Kerajaan Aztec dan suku Maya di Yucatan.
2. Pizzaro, pada tahun 1530 menaklukan kerajaan Indian di Peru yang bernama Kerajaan Inca.
Semua daerah yang direbut dan ditaklukkan oleh penjelajah itu dijadikan daerah jajahan bangsa Spanyol.
Kemudian penjelajahan bangsa Spanyol dilanjutkan oleh Ferdinand Magelhaens. la seorang pelaut bangsa Spanyol yang banyak mempelajari pengalaman pelayaran Columbus ke Amerika. Dari pelayaran Columbus itulah Magelhaens mengatakan bahwa wilayah Hindia hanya dapat ditemukan dengan melalui ujung Amerika bagian Selatan.
Pada tahun 1519, rombongan Magelhaens atas nama raja Spanyol, memulai pelayarannya menuju ke daerah Hindia. Pada tahun 1520 mereka telah tiba di kepulauan Filipina. Magelhaens mendirikan tugu peringatan dan menyatakan bahwa daerah itu menjadi milik raja Spanyol. Ketika rombongan Magelhaens tiba di Filipina, ia menemukan keadaan tegang dan kacau akibat persaingan dan pertentangan di antara kerajaan-kerajaan di Filipina. Dalam pertentangan itu, Magelhaens memihak salah satu kerajaan dan dalam perang yang terjadi itu ia mati terbunuh. Rombongan Magelhaens, selanjutnya dipimpin oleh kapten kapalnya yang bernama Sebastian d'Elcano. Sebastian d'Elcano sebagai pemimpin rombongan melanjutkan pelayarannya ke arah selatan dan sampai di kepulauan Maluku pada tahun 1521. Namun di Maluku telah berkuasa bangsa Portugis yang telah tiba sejak tahun 1512.

b Penjelajahan Bangsa Portugis
Setelah Perjanjian Thordesillas (1492) pelaut-pelaut Portugis di bawah pimpinan Bartholomeus Diaz mencoba mencari jalan keluar untuk menemukan dunia Timur (pusat rempah-rempah). Namun pelayaran Bartholomeus Diaz hanya sampai di ujung Afrika Selatan (1496). Hal ini disebabkan oleh besarnya gelombang ombak Samudera Hindia (Samudera Indonesia), sehingga kapal-kapal yang dibawa oleh Bartholomeus Diaz tidak berhasil melewatinya. Oleh Bartholomeus Diaz, tanjung itu diberi nama Tanjung Pengharapan (Cape of Good Hope atau Tanjung Harapan sekarang).
Kegagalan Bartholomeus Diaz untuk menemukan sumber rempah-rempah di dunia Timur tidak membuat surut tekad raja Portugis, terlebih lagi setelah mendengar berita keberhasilan Columbus menemukan benua Amerika. Maka pada tahun 1498, raja Portugis mengirim ekspedisinya di bawah pimpinan Vasco da Gama. Ekspedisi ini berhasil mendarat di Kalkuta (India) tahun 1498. Di daerah India para pelaut Portugis mendapat rempah-rempah dari para pedagang untuk dibawa ke negerinya. Dengan kenyataan seperti ini bangsa Portugis belum merasa puas dan ingin mendapatkan serta menemukan sendiri pusat rempah-rempah itu. Maka pada tahun 1511, dari India bangsa Portugis mengirim ekspedisinya di bawah pimpinan Alfonso d'Albuquerque, mengikuti perjalanan para pedagang Islam. Pada tahun 1511 itu juga Portugis berhasil menduduki Malaka, pusat perdagangan Islam di Asia Tenggara. Dari Malaka itu bangsa Portugis melanjutkan pelayarannya ke arah timur dengan tujuan untuk medapatkan sendiri pusat rempah-rempah yang ada di kepulauan Maluku. Akhirnya bangsa Portugis tiba di Ternate (Maluku) tahun 1512.
Ketika bangsa Portugis tiba di Ternate, Kerajaan Ternate itu sedang berperang melawan Kerajaan Tidore. Kedatangan bangsa Portugis di Ternate mendapatkan sambutan baik dari raja Ternate. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar bangsa Portugis dapat dijadikan sekutu dalam menghadapi Kerajaan Tidore yang temyata dibantu bangsa Spanyol. Oleh karena itu, di samping perang yang terjadi antara Kerajaan Ternate
dengan Tidore, juga merupakan perang antara bangsa kulit putih yaitu antara
bangsa Spanyol dengan Portugis.
Untuk menyelesaikan pertikaian kedua bangsa kulit putih itu, Paus turun
tangan dan pada tahun 1521 dilakukan Perjanjian Saragossa (Zaragoza). Isi
Perjanjian itu antara lain:
1. Bumi ini dibagi atas dua pengaruh, yaitu pengaruh bangsa Spanyol dan Portugis.
Wilayah kekuasaan Spanyol membentang dari Mexico ke arah barat sampai ke kepulauan Filipina dan wilayah kekuasaan Portugis membentang dari Brazillia ke arah timur sampai ke kepulauan Maluku.
2. Berdasarkan perjanjian Saragoza, maka wilayah Maluku berada di bawah pengaruh kekuasaan bangsa Portugis.
3, Bangsa Spanyol harus meninggalkan Kepulauan Maluku dan kembali ke Filipina.

c. Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia
Bangsa Portugis menguasai jalur pelayaran perdagangan antara Hindia Timur (kepulauan di timur Indonesia) sampai Eropa selama hampir satu abad. Perdagangan rempah-rempah yang dilakukan oleh bangsa Portugis ini sangat besar pengaruhnya terhadap bangsa Belanda. Terlebih lagi setelah para pedagang Belanda tidak diperkenankan lagi untuk melakukan kegiatannya di bandar perdagangan Lisboa (Lisabon, Portugis). Sehingga para pedagang Belanda merasa kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah. Oleh karena itu, para pedagang Belanda berusaha sendiri untuk mencari dan menemukan sumber rempah-rempah yang ada di dunia Timur.
Bangsa Belanda memulai pelayarannya, pada tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, para pedagang bangsa Belanda tiba di Banten (Indonesia). Dari bandar Banten pelaut Belanda melanjutkan pelayarannya ke arah timur dan mereka kembali dengan mem-bawa rempah-rempah dalam jumlah yang cukup banyak.
Sejak keberhasilannya itu, para pedagang Belanda semakin ramai datang ke Indonesia. Keadaan seperti ini telah menyebabkan timbulnya persaingan di antara para peda¬gang Belanda sendiri. Untuk mengatasi persaingan itu, pemerintah Belanda mem-bentuk badan usaha atau kongsi dagang yang diberi nama Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) yaitu Persekutuan Dagang Hindia Timur. VOC berdiri tahun 1602 yang juga lebih sering disebut oleh bangsa Indonesia dengan sebutan Kompeni Belanda.
VOC merupakan suatu badan dagang para pedagang-pedagang Belanda yang mendapatkan hak-hak istimewa dari pemerintah kerajaan Belanda. Hak istimewa yang dimiliki oleh VOC mendorong semakin pesatnya perdagangan yang dilakukan oleh VOC. Sehingga kedudukan para pedagang Portugis semakin terdesak dan akhimya lenyap dari akdvitas monopoli perdagangan rempah-rempah.
d. Kedatangan Bangsa Inggris di Indonesia
Sejak abad ke-17, para pedagang Inggris sudah berdagang sampai di daerah India. Di India Timur, para pedagang Inggris mendirikan kongsi dagang yakni East India Company (EIC) pada tahun 1600, dengan India sebagai daerah operasinya. Pusat kekuasaan EIC adalah di Kalkuta (India), dan dari kota inilah Inggris meluaskan wilayahnya ke Asia Tenggara.
Pada abad ke-18 para pedagang Inggris juga sudah banyak berdagang di Indonesia, sehingga sekaligus menjadi saingan VOC (Belanda). Bahkan sejak Belanda menjadi sekutu Perancis, Inggris selalu mengancam kedudukan Belanda di Indonesia.
Di bawah Gubernur Jenderal Lord Minto yang berkedudu-kan di Kalkuta (India) dibentuk ekspedisi Inggris untuk merebut daerah-daerah kekuasaan Belanda yang ada di wilayah Indo¬nesia. Pada tahun 1811, Thomas Stamford Raffles telah berhasil merebut seluruh wilayah kekuasaan Belanda di Indonesia. Raffles yang diangkat sebagai pemimpin Inggris atas wilayah Indonesia memberikan kesempatan kepada penduduk Indone¬sia untuk melaksanakan perdagangan bebas. Walaupun demikian, kekuasaan Inggris tetap bersifat menindas bangsa-bangsa di Indonesia. Hubungan antara Indonesia dengan Eropa hampir seluruhnya dikuasai oleh Inggris. Akan tetapi berdasar-kan Perjanjian London tahun 1815, Inggris diharuskan mengem-balikan wilayah kekuasaannya di Indonesia kepada Belanda, dan pada tahun 1816 Inggris melaksanakan kewajibannya itu

2. Perkembangan Kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
a. Kekuasaan Bangsa Portugis di Indonesia
Bangsa Portugis berhasil merebut beberapa pelabuhan penting di pantai India dan menjadikan kota Goa yang terletak di pantai India sebagai pusat kekuasaannya. Untuk dapat menguasai dan memonopoli perdagangan di Asia Selatan, bangsa Portugis melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Memperluas kekuasaannya ke arah barat dengan menghancurkan ar¬mada laut Turki, sehingga bangsa Portugis dapat mengawasi perdagang¬an dan pelayaran di laut antara Asia dengan Eropa. Bahkan bangsa Portugis dapat memaksa para pedagang untuk berlayar dari bandar perdagangan Goa (India) menuju ke Afrika Selatan dan selanjutnya sampai di bandar Lisboa, yaitu pusat perdagangan di Eropa dan ibu kota Portugis.
2) Memperluas kekuasaannya ke arah timur dengan menguasai Malaka, sehingga dapat menghentikan dan menguasai aktivitas perdagangan langsung yang dilakukan oleh pedagang-pedagang Cina, India maupun kerajaan-kerajaan di Indonesia.
Pada tahun 1511, Malaka berhasil direbut oleh Portugis di bawah pimpinan Alfonso d'Albuquerque. Sejak itu, Kerajaan Malaka jatuh ke tangan bangsa Portugis. Dengan demikian bangsa Portugis dapat mengadakan perdagangan langsung dengan daerah-daerah yang ada di Indonesia, seperti Ternate, Ambon, Banda, dan Timor. Di Ternate bangsa Portugis berusaha merebut perdagangan cengkeh dan pala. Akan tetapi dalam upaya itu, bangsa Portugis telah berbuat sesuatu hal yang melukai perasaan orang-orang Islam, dengan melanggar perjanjian terhadap Sultan Ternate.
Bangsa Portugis berusaha menanamkan kekuasaannya di daerah Maluku. Hal ini dilakukan agar dapat memonopoli perdagangan rempah-rempah. Namun, tindakan-tindakan bangsa Portugis yang semakin sewenang-wenang dan bertindak kejam terhadap rakyat telah menimbulkan terjadinya perten-tangan antara rakyat Maluku dengan bangsa Portugis. Pertentangan ini semakin memuncak setelah bangsa Portugis membunuh Sultan Hairun dari Kerajaan Ternate. Rakyat Ternate angkat senjata di bawah pimpinan putranya yang bernama Baab Ullah, dan akhirnya tahun 1575 bangsa Portugis terusir dari daerah Maluku.
Zaman kekuasaan kolonial Portugis yang berlangsung dari tahun 1511 sampai tahun 1641 di wilayah Indonesia meninggalkan bekas-bekasnya di dalam kebudayaan Indonesia saat ini. Peninggalan-peninggalan zaman kolonial Portugis baik yang berupa kebudayaan rohani maupun jasmani masih dapat kita saksikan hingga sekarang.
Semboyan dari penjelajahan bangsa Portugis, yaitu berusaha untuk menyebarkan agama Katolik pada daerah-daerah yang dikuasainya. Fransiscus Xaverius, seorang misionaris, telah menyebarluaskan agama Katolik di Ambon. Banyak orang Ambon yang akhirnya memeluk agama Katolik dan terlihat dari nama-namanya yang meniru nama-nama bangsa Portugis seperti De Pereira, De Fretes, Lopies, De Quelju, Diaz dan sebagainya.
Benda-benda peninggalan bangsa Portugis kemudian dianggap keramat oleh bangsa Indonesia seperti meriam-meriam yang terkenal dengan nama Nyai Setomi di Solo, Si Jagur di Jakarta, Ki Amuk di Banten dan sebagainya. Khusus meriam Si Jagur yang terdapat di Jakarta dianggap sebagai alat perantara kekuatan gaib untuk mendapatkan anak.

c. Indonesia di bawah Pemerintahan Kerajaan Belanda (VOC) (1600-1799)
Pada akhir abad ke-18, VOC mengalami kemunduran akibat kerugian yang sangat besar dan memiliki utang yang sangat besar. Hal ini diakibatkan oleh:
1. persaingan dagang dari bangsa Perands dan Inggris,
2. penduduk di Indonesia, terutama Jawa telah menjadi miskin, sehingga tidak mampu membeli barang-barang yang dijual oleh VOC,
3. perdagangan gelap merajalela dan menerobos monopoli perdagangan VOC,
4. pegawai-pegawai VOC banyak melakukan korupsi dan kecurangan-kecurangan akibat dari gaji yang diterimanya terlalu kecil,
5. VOC mengeluarkan anggaran belanja yang cukup besar untuk memelihara tentara dan pegawai-pegawai yang jumlahnya cukup besar untuk memenuhi pegawai daerah-daerah yang baru dikuasai, terutama di Jawa dan Madura.
Akibat kerugian besar yang diderita oleh VOC, maka pada tahun 1799 badan perdagangan ini akhirnya dibubarkan. Segala hak dan kewajibannya diambil alih oleh pemerintah Republik Bataafsche yang berkuasa atas wilayah Indonesia sampai tahun 1807. Pada tahun 1807, Republik Bataafsche dihapuskan oleh Kaisar Napoleon Bonaparte dan diganti bentuknya menjadi Kerajaan Holland di bawah pemerintahan Raja Louis Napoleon Bonaparte (adik dari Kaisar Napoleon). Akibat perubahan ketatanegaraan itu, akhirnya Indonesia menjadi daerah jajahan Kerajaan Holland (Kerajaan Belanda).
Karena Perancis dan Kerajaan Belanda itu terlibat dalam perang dengan Inggris, Louis Napoleon memilih seorang yang cakap untuk diangkat menjadi gubernur jenderal atas wilayah Indonesia. Tugas berat ini dibebankan kepada Herman Willem Daendels, dengan tugas utamanya adalah mempertahankan Pulau Jawa dari serangan pasukan Inggris.

d. Pemerintahan Daendels di Indonesia (1808-1811)
Pada tahun 1808, Daendels diangkat menjadi gubernur jenderal atas wilayah Indonesia. Tugas utamanya adalah untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan pasukan Inggris. Dalam upaya tersebut, perhatian Daendels hanyalah terhadap pertahanan dan ketentaraan.
Membangun Ketentaraan Untuk memperkuat angkatan perangnya, Daendels melatih orang-orang di Indonesia, karena tidak mungkin ia menambah tentaranya dengan orang-orang yang didatangkan dari negeri Belanda. Pembangunan angkatan perangnya ini dilengkapi dengan pendirian tangsi-tangsi atau benteng-benteng, pabrik mesiu dan juga rumah sakit tentara.
Membangun Jalan Pos Di samping itu, atas dasar pertimbangan pertahanan, Daendels memerintahkan pembuatan jalan pos dari Anyer di Jawa Barat sampai Panarukan di Jawa Timur. Pembuatan jalan ini menggunakan tenaga rakyat dengan sistem kerja rodi atau kerja paksa, hingga selesainya pembuatan jalan itu. Untuk orang Belanda, pekerjaan menyelesaikan pembuatan jalan pos ini merupakan keberhasilan yang gemilang, tetapi lain halnya dengan para pekerja rodi/pribumi, setiap jengkal jalan itu merupakan peringatan terhadap rintihan dan jeritan jiwa orang yang mati dalam pembuatan jalan tersebut.
Membangun Pelabuhan Setelah pembuatan jalan selesai, Daendels memerin¬tahkan pembuatan perahu-perahu kecil, karena perahu-perahu perang Belanda tidak mungkin dikirim dari negeri Belanda ke Indonesia. Selanjutnya membuat pelabuhan-pelabuhan tempat bersandarnya perahu-perahu perang itu. Untuk membangun pelabuhan perang itu, Daendels merencanakan di daerah Banten Selatan. Pembuatan pelabuhan itu telah memakan ribuan korban jiwa di Banten akibat dari penyakit malaria yang menyerang para pekerja paksa. Akhirnya pembuatan pelabuhan itu tidak selesai. Walaupun Daendels bersikeras untuk tetap menyelesaikannya, tetapi Sultan Banten menentangnya. Daendels menganggap jiwa rakyat Banten tidak ada harganya, sehingga hal ini mengakibatkan pecahnya perang antara Daendels dengan Kerajaan Banten.
Di samping itu, pembuatan pelabuhan di Merak juga mengalami kegagalan dan hanya usaha untuk memperluas pelabuhan di Surabaya yang cukup memuaskan.
Permusuhan raja-raja di Jawa dengan Daendels Setelah Daendels mengetahui bahwa Sultan Banten tidak sanggup memperbaiki sejumlah besar pekerjaan yang harus dikerjakan di Banten Selatan, apalagi ketika ada seorang Belanda terbunuh di Banten, maka kerajaan ini diserbu dan Sultan Banten diasingkan ke Ambon. Mangkubumi (perdana menteri) Banten yang dianggap oleh Daendels sebagai tiang perlawanan terhadap Belanda dibunuh dan mayatnya dibuang ke laut. Adapun Sultan yang baru diangkat oleh Daendels dipaksa untuk menerima Kerajaan Banten yang telah diperkecil.
Pada waktu Daendels membuat aturan-aturan baru tentang sopan-santun antara orang Belanda dengan raja-raja di Jawa Tengah, Sultan Ngayogyakarta menentang dan menyiapkan perlawanan. Pasukan Daendels menyerbu keraton dan merampas semua isi keraton. Daendels juga mempersempit daerah kekuasaan Keraton Ngayogyakarta. Sultan Hamengku Buwono I yang menentang Daendels dipecat dari kedudukannya, dan sejak itu ia disebut dengan gelar Sultan Sepuh.
Sudah tentu tindakan Daendels di Banten dan di Ngayogyakarta menimbulkan rasa benci dari rakyat maupun dari pihak raja-raja. Akhirnya raja-raja tersebut menjalin hubungan rahasia dengan Inggris agar dapat mengusir Belanda dari Pulau Jawa.
Usaha keuangan Daendels Daendels membutuhkan uang yang sangat banyak untuk membiayai pertahanan dan usaha-usaha lainnya. Untuk dapat memenuhi kebutuhan itu, ia melakukan penjualan tanah-tanah rakyat kepada pihak-pihak swasta bangsa Belanda, Cina, Arab dan lain sebagainya. Dengan demikian, muncullah tanah-tanah partikelir yang dikelola oleh pengusaha-pengusaha swasta. Para pengusaha swasta ini terkenal dengan tindakannya yang sering memeras dan menindas rakyat khususnya di daerah Pulau Jawa. Para pengusaha atau tuan-tuan tanah itu memiliki hak istimewa, sehingga dapat dikatakan bahwa tanah partikelir itu bagaikan negara di dalam negara, karena memiliki aturan-aturan tersendiri.
Pembangunan Kota Kota Batavia yang sudah dianggap tidak baik untuk kesehatan penduduk, terutama untuk para pegawai Belanda, maka atas perintah Daendels dianjurkan untuk pindah ke kota baru yang diberi nama Weltervreden dan Meester Cornelis.
Indonesia menjadi jajahan Perancis Pada tahun 1810 Kerajaan Belanda di bawah pemerintahan Raja Louis Napoleon Bonaparte dihapuskan oleh Kaisar Napoleon Bonaparte. Negeri Belanda dijadikan wilayah kekuasaan Perancis. Dengan demikian, wilayah jajahannya di Indonesia secara otomatis menjadi wilayah jajahan Perancis. Napoleon menganggap bahwa tindakan Daendels sangat otokratis (otoriter), maka pada tahun 1811 ia dipanggil kembali ke negeri Belanda dan digantikan oleh Gubernur Jenderal Jansens.

e. Kekuasaan Inggris di Indonesia (1811-1816)
Setelah Daendels ditarik kembali ke negeri Belanda, Jansens diangkat sebagai gubernur jenderal atas wilayah Indonesia. Gubernur Jenderal Jansens mengetahui bahwa tentara yang diciptakan oleh Daendels sangat lemah. Jansens sangat khawatir, untuk mempercayakan pertahanan atas wilayah Jawa kepada raja-raja di Jawa, karena ia mengetahui bahwa raja-raja Jawa sangat memusuhi Belanda.
Pada tahun 1811, tentara Inggris mengadakan serangan terhadap wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Belanda. Pasukan Inggris tidak mengalami kesulitan dalam menghadapi pasukan Belanda. Di samping itu, pasukan Belanda juga mendapat serangan dari para raja-raja Jawa. Serangan-serangan itu menjadi penyebab menyerahnya Belanda tanpa bersyarat.
Sejak tahun 1811 itu juga wilayah Indonesia menjadi daerah jajahan East Indian Company (EIC), badan perdagangan Inggris yang berpusat di Kalkuta (India), yang dipimpin oleh Gubernur Jenderal Lord Minto. Untuk wilayah Indonesia, Lord Minto mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai pemegang pemerintahan dengan pangkat Letnan Gubernur Jenderal.
Pemerintahan jajahan Inggris atas wilayah Indonesia tidak jauh berbeda dengan bangsa Eropa lainnya. Raja-raja di Jawa yang merasa telah berjasa membantu Inggris merasa sangat kecewa. Terutama Sultan Sepuh yang telah berkuasa kembali di Ngayogyakarta. Pada tahun 1812, Sultan Sepuh kembali menentang pemerintahan Inggris. Raffles yang cukup pandai dalam menetapkan taktik dan strategi, memperalat Pangeran Notokusumo untuk mengetahui gerak-gerik Sultan Sepuh. Setelah mengetahui rencana dan gerakan Sultan Sepuh, Raffles menyerang Ngayogyakarta. Sultan Sepuh ditangkap dan diasingkan ke Pulau Pinang. Sultan Hamengku Buwono yang baru diangkat dipaksa oleh Raffles untuk menyerahkan sebagian wilayahnya kepada Pangeran Notokusumo. Sebagai tanda jasa, Raffles mengangkatnya menjadi Pangeran Adipati Paku Alam (1813). Untuk selanjutnya daerahnya dikenal dengan sebutan Paku Alam.
Tindakan yang dilakukan oleh Raffles pada masa pemerintahannya adalah membagi daerah Jawa atas 16 daerah karesidenan, dengan tujuan untuk mempermudah pemerintah melakukan pengawasan terhadap daerah-daerah yang dikuasainya. Di samping itu. Raffles membentuk susunan baru dalam pengadilan yang didasarkan pada pengadilan Inggris.
Di samping sebagai kepala pemerintahan jajahan Inggris atas wilayah Indonesia, Raffles sangat tertarik kepada sejarah, kebudayaan dan kesenian di Jawa. Dengan bantuan orang-orang pribumi yang pandai dan beberapa orang Belanda, Raffles berhasil mengetahui sejarah, kebudayaan, kesenian dan kesusasteraan Jawa. Buah karya Thomas Stamford Raffles adalah buku yang berisikan sejarah Jawa yang berjudul History of Java.
Setelah Napoleon Bonaparte dapat dikalahkan dalam pertempuran di Leipzig dan kemudian tertangkap, maka pada tahun 1814 melalui Konvensi London (Perjanjian London), Inggris mengembalikan semua daerah kekuasa-an Belanda yang pernah dikuasai oleh Inggris. Akan tetapi Raffles tidak setuju terhadap keputusan-keputusan itu. la meletakan jabatannya dan digantikan oleh Letnan Gubernur Jenderal John Fendall. Pada tahun 1816 John Fendal menyerahkan wilayah jajahan di Indonesia kepada Belanda.

f. Pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia (1800-1942)
Setelah dilakukan perjanjian antara Inggris dengan Belanda pada Konvensi London (1814), daerah jajahan di Indonesia dikembalikan kepada Belanda. Untuk mengurus pengembalian itu, dikirim komisi Jenderal yang terdiri atas Van der Capellen, Elout, dan Buyskes (1816).
Tugas komisi Jenderal itu sangat berat, yaitu memperbaiki sistem pemerintahan dan perekonomian. Perbaikan ekonomi ini bertujuan agar dapat mengembalikan utang-utang Belanda yang cukup besar akibat perang-perang yang dilakukan dalam menghadapi Napoleon maupun perang-perang yang dilakukan dalam menghadapi kerajaan-kerajaan di Indonesia.
Dalam menjalankan tugasnya itu, berbagai tantangan muncul, yaitu menghadapi perekonomian yang buruk, persaingan dagang bangsa Inggris, sikap bangsa pribumi yang memusuhi bangsa Belanda. Bangsa pribumi tidak ingin dijajah lagi dan ingin merdeka seperti yang dialami pada zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.
Jika ditinjau dari sejarah Indonesia, sejak tahun 1816 sampai tahun 1900, bangsa di Indonesia sudah jelas menentang masuk dan berkuasanya bangsa Asing termasuk bangsa Belanda. Pertentangan yang terjadi antara bangsa-bangsa di Indonesia dengan bangsa Belanda disebabkan oleh karena:
1. Kebencian golongan raja dan bangsawan pribumi terhadap pemerintah Belanda yang menyebabkan kemunduran kekuasaan mereka.
2. Kebencian golongan pedagang pribumi terhadap Belanda yang mematikan mata pencaharian mereka.
3. Kebencian terhadap Belanda berdasarkan agama, seperti meletusnya Perang Diponegoro, Perang Padri, Perang Aceh dan lain sebagainya.
Untuk menghadapi pertentangan yang kuat dari bangsa-bangsa di In¬donesia, Belanda menindasnya dengan jalan perang kolonial dan politik devide ' et impera, yaitu memecah belah bangsa di Indonesia. Hal ini mengakibatkan terjadinya permu'-uhan antara kerajaan-kerajaan yang ada di wilayah Indo¬nesia

208 komentar:

  1. Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    BalasHapus
  2. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

    BalasHapus
  3. Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut. Sementara itu, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar

    BalasHapus
  4. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus
  5. praktek imperialisme dan kolonialisme ini adalah hal yang umum dan lumrah. Pada masa itu siapapun atau bangsa manapun bisa dibilang boleh-boleh saja untuk menjajah dan menduduki bangsa lainnya. Tidak ada hukum yang melarang satu bangsa untuk melakukan penjajahan terhadap bangsa lain pada masa itu. Dan bahkan pada zamannya, perang dan penaklukan terhadap bangsa lain dipandang sebagai sebuah kebanggaan. Kebesaran dan keagungan sebuah bangsa pada masa itu sangat ditentukan dari seberapa banyak bangsa-bangsa yang dapat ditaklukannya. Karenanya setiap bangsa berlomba-lomba untuk membangun dan untuk menjadi imperium yang terbesar. Pada masa itu, benar-benar tidak ada hak kemerdekaan atas sebuah bangsa.

    BalasHapus
  6. Pengertian Imperialisme
    Selanjutnya, Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah. Nah, berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19 lho, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu.

    BalasHapus
  7. Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah.berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu. Imperialisme dibagi menjadi 2 yaitu berdasarkan waktu dan tujuannya:

    #Imperialisme berdasarkan waktunya
    1.Imperialisme kuno, muncul sebelum revolusi industri di Inggris yang terdorong oleh 3G yaitu Gold, Gospel dan Glory.
    2.Imperialisme modern, muncul setelah revolusi industri. Terdorong karena faktor ekonomi dan kebutuhan industri pada waktu itu.
    #Imperialisme berdasarkan tujuan
    1.Imperialisme politik, untuk menguasai seluruh kehidupan politik suatu negara
    2 Imperialisme ekonomi, untuk menguasai sektor perekonomian negara lain
    3.Imperialisme kebudayaan, untuk menguasai nilai-nilai kebudayaan suatu negara
    4.Imperialisme militer, untuk menguasai negara lain karena dianggap memiliki wilayah strategis yang bisa memperkuat pertahanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolonialisme adalah suatu usaha perluasan atau pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya. Sedangkan imperialisme adalah usaha perluasan kekuasaan (penjajahan) secara langsung suatu negara terhadap negara lain.

      Hapus
  8. Kolonialisme adalah suatu usaha perluasan atau pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya. Sedangkan imperialisme adalah usaha perluasan kekuasaan (penjajahan) secara langsung suatu negara terhadap negara lain.

    BalasHapus
  9. Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut. Sementara itu, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    BalasHapus
  10. Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut. Sementara itu, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar

    BalasHapus
  11. Imperialisme pada masa ini disebut imperialisme baru, untuk membedakan dengan gelombang kolonialisme dan imperialisme yang terjadi sebelumnya, khususnya gelombang penjajahan yang terjadi di antara abad ke-15 hingga awal abad ke-19. Salah satu hal yang membedakannya adalah ideologi bahwa penjajahan ini dilakukan untuk membantu bangsa-bangsa yang tertinggal. Selain itu, motivasi ekonomi pada masa ini dipengaruhi oleh perkembangan setelah revolusi industri. Bangsa-bangsa yang telah mengalami revolusi industri mencoba meningkatkan keuntungan dengan mencari daerah-daerah dengan bahan mentah, tenaga kerja yang murah, dan kompetisi yang lemah.

    BalasHapus
  12. Pertentangan yang terjadi antara bangsa-bangsa di Indonesia dengan bangsa Belanda disebabkan oleh karena:
    1. Kebencian golongan raja dan bangsawan pribumi terhadap pemerintah Belanda yang menyebabkan kemunduran kekuasaan mereka.
    2. Kebencian golongan pedagang pribumi terhadap Belanda yang mematikan mata pencaharian mereka.
    3. Kebencian terhadap Belanda berdasarkan agama, seperti meletusnya Perang Diponegoro

    BalasHapus
  13. Jadi,materi yang dapat saya fahami mengenai IMPERIALISME DAN KOLONIALISME BARAT DI INDONESIA yaitu :1).periode kekuasaan kolonialisme dan imperialisme dapat dipahami melalui dua fase,yaitu fase keserakahan atau kezaliman kongsi dagang dan fase dominasi pemerintahan kolonial Belanda.
    2).VOC yang bermula sebagai kongsi dagang untuk mencari keuntungan,kemudian berkembang menjadi kekuatan monopoli dan intervensi di bidang politik dan pemerintahan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara.
    3). VOC akhirnya bubar karena problem manajemen, utang,dan korupsi.
    4). Pemerintahan komisaris jenderal yang mengawali dominasi pemerintahan kolonial Belanda mengambil kebijakan jalan tengah.
    5). Pelaksanaan tanam paksa dibawah Van den Bosch telah membawa penderitaan rakyat Indonesia yang berkepanjangan.
    6). Sistem usaha swasta Belanda telah berhasil mengeruk keuntungan dari bumi Indonesia, sementara rakyat tetap menderita.
    7). Seiring dengan datangnya bangsa barat juga telah membawa pengaruh pada perkembangan agama Kristen Katolik dan Kristen protestan di Indonesia.

    BalasHapus
  14. Kolonialisme adalah pengembangan adidaya/kekuasaan suatu negara terhadap wilayah lain di luar negaranya sendiri maupun dari segi wilayah atau pun rakyatnya di wilayah tersebut, biasnya dilakukan untuk mengeksploitasi sumber daya, tenaga kerja dan pasar (ekonomi) dari wilayah tersebut.

    BalasHapus
  15. Imperialisme adalah sebuah kebijakan negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa berkembang.
    Sedangkan, kolonialisme merupakan penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut.

    BalasHapus
  16. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus
  17. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu

    BalasHapus
  18. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus
  19. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus
  20. Pengertian Imperialisme
    Selanjutnya, Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah. Nah, berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19 lho, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu.

    BalasHapus
  21. Pengertian Imperialisme
    Selanjutnya, Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah.
    Pertentangan yang terjadi antara bangsa-bangsa di Indonesia dengan bangsa Belanda disebabkan oleh karena:
    1. Kebencian golongan raja dan bangsawan pribumi terhadap pemerintah Belanda yang menyebabkan kemunduran kekuasaan mereka.
    2. Kebencian golongan pedagang pribumi terhadap Belanda yang mematikan mata pencaharian mereka.
    3. Kebencian terhadap Belanda berdasarkan agama, seperti meletusnya Perang Diponegoro

    BalasHapus
  22. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    Tujuan imperialisme modern adalah didasari oleh keinginan negara-negara penjajah dalam mengembangkan perekonomiannya. Mereka membangun industri secara besar-besaran yang memerlukan bahan mentah serta daerah untuk memasarkan hasil industrinya. Hal ini menyebabkan adanya usaha untuk mencari daerah jajahan.

    Nama : Cindy ferly serlyfiyah
    Kelas : XI-MIPA 5

    BalasHapus
  23. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    Imperialisme pada masa ini disebut imperialisme baru, untuk membedakan dengan gelombang kolonialisme dan imperialisme yang terjadi sebelumnya, khususnya gelombang penjajahan yang terjadi di antara abad ke-15 hingga awal abad ke-19. Salah satu hal yang membedakannya adalah ideologi bahwa penjajahan ini dilakukan untuk membantu bangsa-bangsa yang tertinggal. Selain itu, motivasi ekonomi pada masa ini dipengaruhi oleh perkembangan setelah revolusi industri. Bangsa-bangsa yang telah mengalami revolusi industri mencoba meningkatkan keuntungan dengan mencari daerah-daerah dengan bahan mentah, tenaga kerja yang murah, dan kompetisi yang lemah.

    Nama : Nisfi Lailatus Sya'abni
    kelas: XI MIPA 5

    BalasHapus
  24. -Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang.Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.
    -Sedangkan
    Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut.

    BalasHapus
  25. Imperialisme dan kolonialisme di Indonesia.

    •Kolonialisme merupakan penguasaan wilayah/negara oleh bangsa lain untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut.
    •Imperalisme merupakan sistem politik yg bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yg ke besar.

    •LATAR BELAKANG MASUKNYA BANGSA EROPA KE INDONESIA
    -Pada akhir abad ke 15 dan permulaan abad ke 16,pelaut bangsa Eropa berhasil menjelajah samudera yg luas dan sampai ke negeri Amerika,Afrika,Asia timur termasuk Indonesia.
    -Hal ini terjadi karena jatuhnya kota konstantinopel ke tangan Turki Usmani dan berakhirlah kekuasaan kerajaan Romawi yg berakibat tertutupnya perdagangan laut tengah bagi orang2 Eropa. sehingga mempersulit perdagangan antar dunia timur,dan berkurangnya rempah-rempah.
    :)

    BalasHapus
  26. Imperialisme adalah sebuah kebijakan dimana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara tersebut bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara negara itu menaklukan atau menempati tanah-tanah itu

    BalasHapus
  27. Imperialisme adalah sebuah kebijakan dimana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara tersebut bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara negara itu menaklukan atau menempati tanah-tanah itu

    BalasHapus
  28. Kolonialisme adalah paham yang mengajarkan penjajahan. Artinya sebuah bangsa diperbolehkan menjajah bangsa lain dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini perkara yang tidak manusiawi, maka perlu ditolak.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Pada tahun 1811, tentara Inggris mengadakan serangan terhadap wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Belanda. Pasukan Inggris tidak mengalami kesulitan dalam menghadapi pasukan Belanda. Di samping itu, pasukan Belanda juga mendapat serangan dari para raja-raja Jawa. Serangan-serangan itu menjadi penyebab menyerahnya Belanda tanpa bersyarat.

    BalasHapus
  31. Menurut saya kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut. Sementara itu, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    BalasHapus
  32. Pak Suwandi assalamualaikum maaf menggagu waktu luang nya saya Wulan Regita safitri dari kelas XI IPS 3 . Saya mau tanya pak . Sebelumnya saya sudah baca baca tentang imperalisme di bab SJI yang pertama . Yang mau saya tanyakan adalah dalam imperalisme tersebut sedikit membahas tentang kegiatan pembangunan jalan Anyer Panarukan . Disebutkan dalam sejarah bahwa pribumi kita tidak di beri gaji atau bahkan makan pada saat itu . Akan tetapi saya pernah membaca sebuah buku Dikatakan disana sebenarnya pribumi sudah di beri gaji oleh pihak Belanda akan tetapi di korupsi oleh pejabat pribumi pada saat itu . Jadi sebenarnya mana yang benar ya pak . Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  33. Pak Suwandi. Assalamu'alaikum maaf mengganggu waktu luangnya saya Wiwik sonia wati dari kelas XI MiPA 6. Saya mau tanya pak. Sebelumnya saya sudah baca tentang imperialisme di bab SJI yang pertama. Yang sayang saya tanyakan adalah membahas tentang memonopoli perdangangan,maksud dari memonopoli perdangangan itu apa?. Sedangkan Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

    BalasHapus
  34. Imperialisme adalah sebuah kebijakan dimana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara tersebut bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara negara itu menaklukan atau menempati tanah-tanah itu

    BalasHapus
  35. Assalaualikum.
    Salam rahayu..rahayu..
    Materi yg membuat kita semua menjadi lebih paham akan lika-liku, tahap demi tahap akan perjuangan para leluhur kita demi memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia yg kita cintai ini.

    BalasHapus
  36. Awal munculnya keinginan untuk menguasai daerah lain itu ketika jatuhnya Konstantinopel. Konstantinopel adalah tempat yang strategis untuk berdagang dan Turki Usmani ingin menaklukkannya.
    Setelah ditaklukkannya Konstantinopel, bangsa Eropa menjadi bingung harus mencari ke mana untuk memenuhi komoditas rempah-rempah.Pada akhirnya, Indonesia menjadi rujukan orang-orang Eropa untuk membeli rempah-rempah dan memenuhi kebutuhan mereka.
    Kejadian ini erat kaitannya dengan penjelasan pengertian kolonialisme dan imperialisme.
    Kolonialisme adalah upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah/wilayah untuk mendapatkan sumber daya. Kolonialisme umumnya dilakukan oleh negara-negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat.
    Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya.

    BalasHapus
  37. Assalamu'alaikum, saya widuri octavianunisa dari kelas 11 ips 3 mau tanya,bahwa yang pertama kali menguasai Indonesia adalah Portugis, tetapi mengapa Belanda melalui VOC justru yang dapat berkuasa lama di Indonesia?

    Terimakasih.

    BalasHapus
  38. Kolonialisme atau Penjajahan adalah suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal, istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

    Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus
  39. -Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang.Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.
    -Sedangkan
    Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut.

    BalasHapus
  40. Dari teks di atas belum ada pengertian imperialisme dan kolonialisme,jadi saya tambahkan.

    -Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah.berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu. Imperialisme dibagi menjadi 2 yaitu berdasarkan waktu dan tujuannya:

    #Imperialisme berdasarkan waktunya
    1.Imperialisme kuno, muncul sebelum revolusi industri di Inggris yang terdorong oleh 3G yaitu Gold, Gospel dan Glory.
    2.Imperialisme modern, muncul setelah revolusi industri. Terdorong karena faktor ekonomi dan kebutuhan industri pada waktu itu.
    #Imperialisme berdasarkan tujuan
    1.Imperialisme politik, untuk menguasai seluruh kehidupan politik suatu negara
    2 Imperialisme ekonomi, untuk menguasai sektor perekonomian negara lain
    3.Imperialisme kebudayaan, untuk menguasai nilai-nilai kebudayaan suatu negara
    4.Imperialisme militer, untuk menguasai negara lain karena dianggap memiliki wilayah strategis yang bisa memperkuat pertahanan.

    -Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan suatu negara atas wilayah dan manusia di luar ketentuan yang tidak boleh dilampaui negaranya, seringkali bagi mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu kelompok kepercayaan yang digunakan bagi melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni semakin hebat ketimbang yang dikolonikan.

    Pendukung dari kolonialisme berpendapat bahwa hukum kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang dibutuhkan bagi pemodernisasian dan demokrasi. Mereka menunjuk ke bekas koloni seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong dan Singapura sebagai contoh berhasil pasca-kolonialisme.

    BalasHapus
  41. dengan adanya imperialisme dan kolonialisme di nusantara telah membuat rakyat sengsara dan sepatutnya tidak dilakukan hal seperti itu karena hanya akan membuat perang terjadi secara terus menerus...

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum Pak Suwandi, saya Nurul Qomariyah dari kelas XI MIPA 4 mau tanya mengenai materi ini yaitu mengapa bangsa Spanyol yang memplopori pelayaran di eropa kok nggk bangsa Portugis?

    BalasHapus
  43. 1. Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    2. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

    BalasHapus
  44. •Dampak negatif dari kolonialisme dan imperialisme untuk bangsa Indonesia, dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, dan budaya, tidak jauh berbeda, yakni:
    a. Negara penjajah menjadi kaya, sedangkan negara yang dijajah menjadi miskin, b. Banyak korban berjatuhan,
    c. Terjadinya kesenjangan sosial,
    •Adapun dampak positif kolonialisme di Indonesia adalah:
    a. Dapat menikmati jalan dan fasilitas dalam hal transportasi lainnya, b. Muculnya banyak lapangan pekerjaan,
    c. Munculnya rasa persatuan dari rakyat Indonesia yang berkeinginan untuk merdeka,

    BalasHapus
  45. Masa Pemerintahan Inggris
    Pada 1811, pimpinan Inggris di India, Lord Minto, memerintahkan Thomas Stamford Raffles yang berada di Penang untuk menguasai Pulau Jawa. Penjajahan bangsa Inggris tidak berlangsung lama. Sejak 1816, Inggris menyerahkan kembali kekuasaannya kepada Belanda. Indonesia kembali berada di bawah kekuasaan Belanda.

    BalasHapus
  46. Alasan VOC mengalami kemunduran pada saat di Indonesia
    1. persaingan dagang dari bangsa Perands dan Inggris,
    2. penduduk di Indonesia, terutama Jawa telah menjadi miskin, sehingga tidak mampu membeli barang-barang yang dijual oleh VOC,
    3. perdagangan gelap merajalela dan menerobos monopoli perdagangan VOC,
    4. pegawai-pegawai VOC banyak melakukan korupsi dan kecurangan-kecurangan akibat dari gaji yang diterimanya terlalu kecil,
    5. VOC mengeluarkan anggaran belanja yang cukup besar untuk memelihara tentara dan pegawai-pegawai yang jumlahnya cukup besar untuk memenuhi pegawai daerah-daerah yang baru dikuasai, terutama di Jawa dan Madura.
    Akibat kerugian besar yang diderita oleh VOC, maka pada tahun 1799 badan perdagangan ini akhirnya dibubarkan. Segala hak dan kewajibannya diambil alih oleh pemerintah Republik Bataafsche yang berkuasa atas wilayah Indonesia sampai tahun 1807. Pada tahun 1807, Republik Bataafsche dihapuskan oleh Kaisar Napoleon Bonaparte dan diganti bentuknya menjadi Kerajaan Holland di bawah pemerintahan Raja Louis Napoleon Bonaparte (adik dari Kaisar Napoleon). Akibat perubahan ketatanegaraan itu, akhirnya Indonesia menjadi daerah jajahan Kerajaan Holland (Kerajaan Belanda).
    Karena Perancis dan Kerajaan Belanda itu terlibat dalam perang dengan Inggris, Louis Napoleon memilih seorang yang cakap untuk diangkat menjadi gubernur jenderal atas wilayah Indonesia. Tugas berat ini dibebankan kepada Herman Willem Daendels, dengan tugas utamanya adalah mempertahankan Pulau Jawa dari serangan pasukan Inggris.

    BalasHapus
  47. Wulan Regita safitri15 Agustus 2021 pukul 18.44

    imperalisme tersebut sedikit membahas tentang Daendels Yang memerintahkan pembuatan jalan pos dari Anyer di Jawa Barat sampai Panarukan di Jawa Timur. pembangunan jalan Anyer Panarukan . Disebutkan dalam sejarah bahwa pribumi kita tidak di beri gaji atau bahkan makan pada saat itu . Akan tetapi saya pernah membaca sebuah buku Dikatakan disana sebenarnya pribumi sudah di beri gaji oleh pihak Belanda akan tetapi di korupsi oleh pejabat pribumi pada saat itu . Jadi sebenarnya mana yang benar? Menurut saya pribadi Pemerintahan Daendels memang sempat mengeluarkan anggaran untuk membayar upah pekerja Jalan Raya Pos. Namun, sistem kerja paksa juga diterapkan oleh Daendels ketika anggaran untuk pembangunan jalan ini tak lagi mencukupi. Sebenarnya pernyataan ini juga masih menjadi suatu opini yang belum tentu jelas kebenaran nya .

    Nama : Wulan Regita safitri

    Kelas : 11 IPS 3

    No absen :34

    BalasHapus
  48. assalamu'alaikum maaf pak menganggu waktunya saya Devina Melinda Xl ips 3 ingin bertanyaa. Apa alasan yang menjadi faktor kembalinya kekuasaan Belanda di Indonesia pada saat itu,karna pada dasarnya bangsa Indonesia mungkin sudah jelas menentang masuknya serta berkuasanya bangsa Asing termasuk bangsa Belanda? Terima kasih

    BalasHapus
  49. Dalam buku Inggris di Jawa: 1811-1816 karya Peter Carey, pemerintahan kolonial Inggris di Indonesia pada tahun 1811-1816 dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.
    Thomas mengeluarkan beberapa kebijakan pemerintah kolonial Inggris di Indonesia, sebagai berikut:
    1.Membagi struktur pemerintahan Jawa menjadi 16 karisidenan
    2.Melaksanakan sistem sewa tanah (land rent)
    3.Menghapuskan sistem kerja rodi
    4.Mendirikan Kebun Raya Bogor sebagai pusat penelitian botani Indonesia
    5.Menulis buku History of Java

    BalasHapus
  50. perkembangan kekuasaan eropa di indonesia di bagi 3 macem yaitu 1.kekuasaan portugis di indonesia 2.kekuasaan voc di indonesia 3.kekuasaan daendels di indonesia 4.kekuasaan bangsa inggris di indonesia 5.pemerintahan kolonial belanda. yg jelas kalo gk salah ngincar rempah rempah
    Nama:Dwi Meita Rarantika
    Kelas:XI MIPA 2
    Absen:11

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum pak, saya Nurina Sinta dari kelas XI MIPA 1 mau bertanya tentang materi ini, mengapa kok belanda sangat berantusias untuk memecah negara indonesia pada saat itu?

    BalasHapus
  52. Kolonialisme adalah paham yang mengajarkan penjajahan. Artinya sebuah bangsa diperbolehkan menjajah bangsa lain dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini perkara yang tidak manusiawi, maka perlu ditolak

    BalasHapus
  53. Kolonialisme berasal dari kata Koloni, nah koloni menurut bahasa latin artinya pemukiman. Upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah/wilayah untuk mendapatkan sumber daya disebut kolonialisme.
    Sedangkan, Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah. Nah, berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19 lho, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu. Imperialisme dibagi menjadi 2 yaitu berdasarkan waktu dan tujuannya.
    Imperialisme berdasarkan waktunya
    1. Imperialisme kuno, muncul sebelum revolusi industri di Inggris yang terdorong oleh 3G yaitu Gold, Gospel dan Glory.
    2. Imperialisme modern, muncul setelah revolusi industri. Terdorong karena faktor ekonomi dan kebutuhan industri pada waktu itu. Imperialisme berdasarkan tujuan
    1. Imperialisme politik, untuk menguasai seluruh kehidupan politik suatu negara
    2. Imperialisme ekonomi, untuk menguasai sektor perekonomian negara lain
    3. Imperialisme kebudayaan, untuk menguasai nilai-nilai kebudayaan suatu negara
    4. Imperialisme militer, untuk menguasai negara lain karena dianggap memiliki wilayah strategis yang bisa memperkuat pertahanan
    Jadi dapat kita simpulkan bahwa persamaan kolonialisme dan imperialisme yaitu sama-sama menguntungkan negara penguasa atau negara yang melakukan kolonialisme dan imperialisme serta membuat negara tersebut makmur,c sedangkan disisi lain negara yang menjadi korban menjadi sengsara.
    Sedangkan perbedaan dari keduanya ialah kolonialisme bertujuan untuk menguasai dan menguras habis semua sumber daya yang ada dan kemudian dibawah kenegaranya. Sedangkan imperialisme bertujuan untuk menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan negara yang bersangkutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari:
      Nama : CINDY AGUSTINA
      Kelas : XI.IPA-3

      Hapus
  54. Assalamualaikum ,saya mau bertanya pak,mengapa bangsa spanyol yang menjadi pelopor pelayaran di eropa?
    Tolong penjelasanya pak.
    Terimaksih
    NAMA :AZZA RAHMA SALSABILLA
    KELAS:XI MIPA 1

    BalasHapus
  55. Dari
    Nama;HERVILIA RAMADHANI
    Kelas;11 MIPA 3

    Pada akhir abad ke-18, VOC mengalami kemunduran akibat kerugian yang sangat besar dan memiliki utang yang sangat besar. Hal ini diakibatkan oleh:
    1. persaingan dagang dari bangsa Perands dan Inggris,
    2. penduduk di Indonesia, terutama Jawa telah menjadi miskin, sehingga tidak mampu membeli barang-barang yang dijual oleh VOC,
    3. perdagangan gelap merajalela dan menerobos monopoli perdagangan VOC,
    4. pegawai-pegawai VOC banyak melakukan korupsi dan kecurangan-kecurangan akibat dari gaji yang diterimanya terlalu kecil,
    5. VOC mengeluarkan anggaran belanja yang cukup besar untuk memelihara tentara dan pegawai-pegawai yang jumlahnya cukup besar untuk memenuhi pegawai daerah-daerah yang baru dikuasai, terutama di Jawa dan Madura.

    BalasHapus
  56. Dari FIA LUTHFIA XI MIPA 3
    Pertentangan yang terjadi antara bangsa-bangsa di Indonesia dengan bangsa Belanda disebabkan oleh karena:
    1. Kebencian golongan raja dan bangsawan pribumi terhadap pemerintah Belanda yang menyebabkan kemunduran kekuasaan mereka.
    2. Kebencian golongan pedagang pribumi terhadap Belanda yang mematikan mata pencaharian mereka.
    3. Kebencian terhadap Belanda berdasarkan agama, seperti meletusnya Perang Diponegoro, Perang Padri, Perang Aceh dan lain sebagainya.
    Untuk menghadapi pertentangan yang kuat dari bangsa-bangsa di In¬donesia, Belanda menindasnya dengan jalan perang kolonial dan politik devide ' et impera, yaitu memecah belah bangsa di Indonesia. Hal ini mengakibatkan terjadinya permu'-uhan antara kerajaan-kerajaan yang ada di wilayah Indo¬nesia

    BalasHapus
  57. Assalamu'alaikum saya Ana Khoirun Nisa kelas XI IPS 2 ingin bertanya negara apa saja yang termasuk negara imperalisme?

    BalasHapus
  58. Contoh kolonialisme adalah Amerika menguasai Australia kemudian suku Aborigin tersingkir, atau Indonesia yang dijajah belanda selama 3,5 abad
    Contoh imperalisme adalah Negara Portugis dan Spanyol melakukan penjajahan samudera dan menguasai wilayah baru

    BalasHapus
  59. Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
    a. Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani
    b. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
    c. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan
    bumi ini bulat
    d. Penemuan kompas (penunjuk arah mata angin)
    e. Semangat Reconcfuesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di manapun yang dijumpainya.
    Zakaria Wisnu Habibi (XI MIPA 1)

    BalasHapus
  60. assalamu'alaikum, Saya Septiana Eka Lestari Xl ips 3 ingin bertanyaa. Apa alasan yang menjadi faktor kembalinya kekuasaan Belanda di Indonesia pada saat itu,karna pada dasarnya bangsa Indonesia mungkin sudah jelas menentang masuknya serta berkuasanya bangsa Asing termasuk bangsa Belanda.

    BalasHapus
  61. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

    BalasHapus
  62. Faza ahmada fauzan adhiman
    Kelas11 mipa3
    Setelah Perjanjian Thordesillas (1492), Christopher Columbus mengajukan permohonan bantuan kepada raja Spanyol untuk berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia timur. Permintaan itu dipenuhi dengan memberikan tiga kapal yang bernama Pinta, Nina dan Maria beserta 88 orang pelaut kepada Colombus. Ketika Columbus tiba di Kepulauan Bahama, ia merasa dirinya telah sampai di Kepulauan Hindia yang merupakan sumber rempah-rempah. Walaupun di kepulauan itu tidak ditemukan adanya rempah-rempah. Selanjutnya, Kepulauan Bahama lebih dikenal dengan sebutan Hindia Barat oleh orang-orang Eropa.
    Sejak Columbus menemukan kepulauan ini, maka pelaut-pelaut berikutnya hanya sampai berlayar di kepulauan ini seperti:
    1. Cortez menduduki Mexico pada tahun 1519 dengan menaklukkan suku Indian yaitu Kerajaan Aztec dan suku Maya di Yucatan.
    2. Pizzaro, pada tahun 1530 menaklukan kerajaan Indian di Peru yang bernama Kerajaan Inca.
    Semua daerah yang direbut dan ditaklukkan oleh penjelajah itu dijadikan daerah jajahan bangsa Spanyol.

    BalasHapus
  63. Apakah didunia ini hanya negara Indonesia yg kaya akan sumberdaya alams hal tersebut menjadi rebutan bangsa-bangsa penjajah?

    BalasHapus
  64. Muhammad Shiba dhihni huwaidi15 Agustus 2021 pukul 21.02

    Kolonialisme berasal dari Bahasa Latin, yaitu colonia yang berarti pemukiman. Maka arti kolonialisme adalah upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka memperluas wilayah kekuasaan.

    Imperialisme berasal dari kata imperator yang memiliki arti memerintah. Jadi, imperialisme merupakan suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain yang dianggap terbelakang untuk memperoleh kekuasaan dan keuntungan dari negara yang dikuasainya.

    BalasHapus
  65. Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    BalasHapus
  66. Apakah didunia ini hanya negara Indonesia yg kaya akan sumberdaya alam sehingga hal tersebut menjadi rebutan bangsa-bangsa penjajah?

    BalasHapus
  67. Apakah hanya Indonesia yang menghasilkan rempah rempah?

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum saya Hana Pratiwi dari kelas XI ips 3 mau bertanya Apa alasan yang menjadi faktor kembalinya kekuasaan Belanda di Indonesia pada saat itu,karna pada dasarnya bangsa Indonesia mungkin sudah jelas menentang masuknya serta berkuasanya bangsa Asing termasuk bangsa Belanda.

    BalasHapus
  70. Ariyanti Dwi Agustin
    XI MIPA 5

    Mengapa bangsa Spanyol dikatakan sebagai bangsa yang memplopori pelayaran di eropa?

    BalasHapus
  71. Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut. Sementara itu, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar

    BalasHapus
  72. . Pertentangan yang terjadi antara bangsa-bangsa di Indonesia dengan bangsa Belanda disebabkan oleh karena:
    1. Kebencian golongan raja dan bangsawan pribumi terhadap pemerintah Belanda yang menyebabkan kemunduran kekuasaan mereka.
    2. Kebencian golongan pedagang pribumi terhadap Belanda yang mematikan mata pencaharian mereka.
    3. Kebencian terhadap Belanda berdasarkan agama, seperti meletusnya Perang Diponegoro, Perang Padri, Perang Aceh dan lain sebagainya.
    Untuk menghadapi pertentangan yang kuat dari bangsa-bangsa di In¬donesia, Belanda menindasnya dengan jalan perang kolonial dan politik devide ' et impera, yaitu memecah belah bangsa di Indonesia. Hal ini mengakibatkan terjadinya permu'-uhan antara kerajaan-kerajaan yang ada di wilayah Indo¬nesi

    BalasHapus
  73. Terima kasih, Pak, atas materinya mengenai Imperialisme dan Kolonialisme di Indonesia. Semoga kita semua bisa memahami, meskipun tidak semua dari kita menyukai pelajaran Sejarah. Namun, dengan ini, kita sepatutnya bersyukur dan bangga menjadi warga Indonesia. Begitu luar biasa perjuangan para pahlawan dalam menghadapi penjajah. Dan kita sebagai pelajar, sudah seharusnya paham mengenai tugas yang diemban dan menjalaninya dengan kesungguhan.

    A'iza Karimatul Lailiyah, XI-MIPA 3

    BalasHapus
  74. Respon bangsa Indonesia atas kolonialisme dan imperialism dalam bisang politik tentunya adalah menolak dengan beragam cara (dalam bidang politik) yang salah satunya adalah membentuk sejumlah organisasi pergerakan seperti misalnya Budi Utomo, munculnya akar-akar demokrasi di berbagai wilayah daln lain sebagainya.

    BalasHapus
  75. Perbedaan kolonialisme dan imperialisme terletak pada tujuan. Kolonialisme berfokus pada penguasaan wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal. Sementara imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara tersebut.

    Latar Belakang Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia
    Kolonialisme dan imperialisme sudah dilakukan oleh bangsa Eropa sejak abad ke-15 di seluruh dunia, sampai akhirnya masuk ke nusantara (Indonesia). Pada saat itu, di belakang bangsa Eropa masuk ke wilayah nusantara disebabkan oleh beberapa hal, seperti jatuhnya Konstantinopel di kawasan Laut Tengah ke kekuasaan Turki Usmani pada tahun 1453, ekonomi dan perdagangan bangsa Eropa, serta terjadinya revolusi industri.

    Dalam upaya tersebut, bangsa Eropa mulai menyebar ke seluruh dunia, sampai akhirnya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia pun terjadi. Di sisi lain, kejatuhan Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453, menyebabkan akses bangsa Eropa dalam mendapatkan rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi penutupan Eropa dan membuat harga rempah-rempah di Eropa meningkat tajam. Bangsa Eropa kemudian terdorong untuk menemukan dan menemukan wilayah-wilayah penghasil rempah-rempah ke dunia baru yang ada di timur Eropa.

    Lama-kelamaan, mereka semakin berambisi menguasai berbagai negara untuk keuntungan ekonomi dan politik mereka, terutama di wilayah-wilayah seperti Indonesia yang merupakan penghasil rempah-rempah, seperti lada, cengkih, pala, dan lain-lain. Rempah-rempah yang dihasilkan di Indonesia mendorong mereka untuk melakukan kolonialisme dan imperialisme karena rempah-rempah pada masa itu menjadi komoditas yang sangat laris di Eropa. Bangsa Eropa kemudian menyebut nusantara sebagai Hindia.


    Nama : Gadis Rahayu Pratiwi
    Kelas : XI-MIPA 2
    Absen : 19

    BalasHapus
  76. Pada abad ke-16 Lisabon berkembang cepat menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa. Faktor apa yang dapat menyebabkan hal itu terjadi?

    BalasHapus
  77. Golongan raja, bangsawan serta pedagang² pribumi sangat benci terhadap bangsa Belanda,apa saja dampak dari kebencian tersebut?

    Wirdatur Rofi'ah
    XI MIPA 5

    BalasHapus
  78. Assalamu'alaikum pak,
    Maaf jika mengganggu waktunya, saya Widi Aulia Putri kelas X MIPA 4 ingin bertanya. Mengapa waktu itu bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  79. Assalamu'alaikum pak,
    Maaf jika mengganggu waktunya, saya reina lukita intan kelas XI MIPA 4 ingin bertanya. Orang-orang Eropa berusaha sekuat tenaga untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah. Mengapa orang-orang Eropa sangat memerlukan rempah-rempah?

    Terimakasih:)

    BalasHapus
  80. Disebutkan dalam artikel bahwa setelah Inggris mengembalikan Indonesia sebagai jajahan kepada Belanda dalam perjanjian london Belanda mengalami kendala yang cukup sulit yaitu Belanda harus memperbaiki sistem pemerintahan dan perekonomian serta mengembalikan utang-utang Belanda yang cukup besar akibat perang-perang yang dilakukan dalam menghadapi Napoleon maupun perang-perang yang dilakukan dalam menghadapi kerajaan-kerajaan di Indonesia. Selain itu sikap bangsa pribumi yang memusuhi bangsa Belanda. Bangsa pribumi tidak ingin dijajah lagi dan ingin merdeka seperti yang dialami pada zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Saya ingin bertanya lalu strategi apa yang dilakukan Belanda untuk mengatasi hal tersebut?

    BalasHapus
  81. Terima kasih pak, atas materi pelajaran sejarah indonesia tentang imperialisme dan kolonialisme di indonesia yang diberikan. Berkat materi ini saya dapat lebih memahami latar belakang kolonialisme dan imperialisme yang terjadi di indonesia dan juga lebih mengerti begitu keras dan sulitnya bangsa indonesia saat terjadinya imperialisme dan kolonialisme. Yang membuat saya lebih bersyukur dan bangga menjadi warga negara indonesia dengan segala kekayaan alam yang ada serta membuat saya lebih menghargai perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan bangsa indonesia sehingga membuat saya lebih semangat dan bersungguh - bersungguh dalam menuntut ilmu

    Nama : Abdul Kharis Ramadhan
    Kelas : XI - MIPA 3
    No. Absen : 01

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Untuk dapat menguasai dan memonopoli perdagangan di Asia Selatan, bangsa Portugis melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
    1) Memperluas kekuasaannya ke arah barat dengan menghancurkan ar¬mada laut Turki, sehingga bangsa Portugis dapat mengawasi perdagang¬an dan pelayaran di laut antara Asia dengan Eropa. Bahkan bangsa Portugis dapat memaksa para pedagang untuk berlayar dari bandar perdagangan Goa (India) menuju ke Afrika Selatan dan selanjutnya sampai di bandar Lisboa, yaitu pusat perdagangan di Eropa dan ibu kota Portugis.
    2) Memperluas kekuasaannya ke arah timur dengan menguasai Malaka, sehingga dapat menghentikan dan menguasai aktivitas perdagangan langsung yang dilakukan oleh pedagang-pedagang Cina, India maupun kerajaan-kerajaan di Indonesia.

    Nama:Siti nur Dhifa' Ul afidah
    Kelas:X1 IPS 2
    Absen:27

    BalasHapus
  84. Apa saja bentuk perlawanan yang dilakukan bangsa indonesia terhadap penjajahan Bangsa Eropa?

    Nama: Zusnia khalifatus Sakdia
    Kelas: XI MIPA 5

    BalasHapus
  85. Nama= Syahrul Hanif Maulid Firmansyah
    Kelas= XI IPS 3

    Apakah didunia ini hanya negara Indonesia yang kaya akan sumberdaya alam dan sehingga dijajah oleh negara lain karna negara Indonesia kaya akan dengan rempah"?

    BalasHapus
  86. 1. Latar Belakang Masuknya Bangsa Eropa ke Indonesia
    Dengan jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani, maka berakhirlah kekuasaan Kerajaan Romawi Timur. Hal ini juga berakibat tertutupnya perdagangan di Laut Tengah bagi orang-orang Eropa. Bangsa Turki menjalankan politik yang mempersulit pedagang Eropa beroperasi di daerah kekuasaannya. Keadaan seperti ini menyebabkan perdagangan antara dunia Timur dengan Eropa menjadi mundur, sehingga barang-barang yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa menjadi berkurang di pasaran Eropa, terutama rempah-rempah.
    Dari materi diatas, saya ingin bertanya, Mengapa kota konstantinopel sangat penting bagi bangsa eropa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Aura rahmawati dewikartika sari.
      Kelas : Xl Mipa 5

      Hapus
  87. Kolonialisme atau Penjajahan adalah suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal, istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang di kolonikan.

    BalasHapus
  88. Nama : Faruchqi izzah muhammad.
    Kelas: IX mipa 4.

    Assalamualikum wr wb.
    Kenapa orang-orang eropa jauh-jauh menjajah negara kita hanya menginginkan rwmpah-rempah, kenapa tidak menjajah negara yg lain yg kaya akan SDA.

    BalasHapus
  89. Nama : Faruchqi izzah muhammad.
    Kelas: IX mipa 4.

    Assalamualikum wr wb.
    Apakah didunia ini hanya negara Indonesia yg kaya akan sumberdaya alam sehingga hal tersebut menjadi rebutan bangsa-bangsa penjajah?

    BalasHapus
  90. Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut. Sementara itu, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.
    Nama: Aini Fatimah Azzahroh
    Kelas: Xl MIPA 2

    BalasHapus
  91. Assalamualaikum pak, saya Anisa Fitri Amalia dari kelas XI MIPA 4, dari perjanjian sarragosa itu antara Spanyol dengan Portugis siapa yang lebih berkuasa atas semua benua dan apa dampak dari perjanjian tersebut ?

    Terima kasih:)

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Assalamualaikum wr.wb
    Pak suwandi saya ingin bertanya beberapa hal terkait materi pembelajaran pada hari ini yang belum saya pahami.
    Pada penjelajahan bangsa Spanyol disana tertulis adanya perjanjian Thordesillas.Disini yang saya ingin tanyakan Apa itu perjanjian Thordesillas dan apa isi dari perjanjian tersebut?.
    Dan pada penjelajahan Inggris disana juga tertulis perjanjian London.
    Dan disini yang saya tanyakan Bagaimana perjanjian London itu terbentuk?
    Itu saja yang ingin saya tanyakan kepada pak suwandi.

    Nama:Lilik Indah Rochmati
    Kelas:XI MIPA 1

    BalasHapus
  95. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    Tujuan imperialisme modern adalah didasari oleh keinginan negara-negara penjajah dalam mengembangkan perekonomiannya. Mereka membangun industri secara besar-besaran yang memerlukan bahan mentah serta daerah untuk memasarkan hasil industrinya. Hal ini menyebabkan adanya usaha untuk mencari daerah jajahan.

    Nama:Revina Andini
    Kelas:XI MIPA 4

    BalasHapus
  96. Nama:LISAN SIDQI
    Kelas:XI IPS 1
    Absen:10

    mengapa hanya indonesia yang memiliki rempah-rempah!?

    BalasHapus
  97. 1. Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    2. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.


    Nama : Monica Putri Perdani
    Kelas: XI MIPA 6

    BalasHapus
  98. Kolonialisme berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. Imperialisme adalah usaha memperluas kekuasaan suatu negara untuk menguasai negara lain. Perbedaan kolonialisme dan imperialisme Kolonialisme bertujuan untuk menguras habis sumber daya alam dari negara yang bersangkutan untuk diangkut ke negara induk.Imperialisme bertujuan untuk menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan negara yang bersangkutan. Persamaan kolonialisme dan imperialisme Persamaan kolonialisme dan imperialisme adalah akan membuat negara penjajah menjadi makmur, sementara yang dijajah semakin menderita.

    Nama= rika sonia tara
    Kelas= XI mipa 2

    BalasHapus
  99. Pengertian Kolonialisme
    RG Squad harus tahu kalau Kolonialisme berasal dari kata Koloni, nah koloni menurut bahasa latin artinya pemukiman. Upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah/wilayah untuk mendapatkan sumber daya disebut kolonialisme.

    Kolonialisme umumnya dilakukan oleh negara-negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat. Contohnya seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Negara-negara tersebut berhasil menguasai negara-negara lainnya termasuk Indonesia.

    Pengertian Imperialisme
    Selanjutnya, Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah. Nah, berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19 lho, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu.

    Nama : Elza Farah Aunti Sholihah
    Kelas : XI Mipa 3
    Absen : 12

    BalasHapus
  100. imperalisme tersebut sedikit membahas tentang Daendels Yang memerintahkan pembuatan jalan pos dari Anyer di Jawa Barat sampai Panarukan di Jawa Timur. pembangunan jalan Anyer Panarukan . Disebutkan dalam sejarah bahwa pribumi kita tidak di beri gaji atau bahkan makan pada saat itu . Akan tetapi saya pernah membaca sebuah buku Dikatakan disana sebenarnya pribumi sudah di beri gaji oleh pihak Belanda akan tetapi di korupsi oleh pejabat pribumi pada saat itu . Jadi sebenarnya mana yang benar? Menurut saya pribadi Pemerintahan Daendels memang sempat mengeluarkan anggaran untuk membayar upah pekerja Jalan Raya Pos. Namun, sistem kerja paksa juga diterapkan oleh Daendels ketika anggaran untuk pembangunan jalan ini tak lagi mencukupi. Sebenarnya pernyataan ini juga masih menjadi suatu opini yang belum tentu jelas kebenaran nya .

    Nama : Nur Said

    Kelas : 11 mipa 6

    No absen :25

    BalasHapus
  101. Kolonialisme dan imperialisme mulai berkembang pada abad ke-15. Kolonialisme adalah sebuah paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain. Tujuan dari kolonialisme adalah memperluas wilayah kekuasaan bangsa. Sedangkan imperialisme adalah sebuah sistem politik yang memiliki tujuan menjajah negara lain untuk memperoleh kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar

    Nama : Indah Fitriyani
    Kelas: Xl MIPA 4

    BalasHapus
  102. 1.Pengertian Imperialisme
    Selanjutnya, Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah. Nah, berarti Imperialisme itu adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Imperialisme sudah ada sejak abad ke 19 lho, pada awalnya dicetuskan oleh Benjamin Disraeli yang merupakan Perdana Menteri Inggris saat itu.
    2. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

    BalasHapus
  103. Terima kasih pak atas penjelasan materi tentang imprialisme dan kolonialisme diatas, sangat membantu.

    Saya ingin bertanya
    Pada materi diatas ada membahas Latar Belakang Masuknya Bangsa Eropa ke Indonesia
    Dengan jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani, bisakah bapak lebih menjabarkan tentang ini, karena untuk latihan ujian dan bisa saja ada soal menganalisis jatuhnya kota konstantinopel ke tangan kekuasaan turki usmani.


    Nama : Aisyah Aynus Shifa
    Kelas : XI MIPA 2
    Absen : 4

    BalasHapus
  104. Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber kekuatan, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.


    Kolonialisme memiliki tujuan mencapai dominasi kekuatan dalam bidang ekonomi, sumber daya alam, sumber daya manusia, dan politik. Wilayah koloni biasanya merupakan wilayah-wilayah yang memiliki kekayaan bahan mentah yang dibutuhkan oleh negara yang melakukan kolonialisme.



    Nama:Narita Dwenty Praniswary
    Kelas:XI-MIPA4

    BalasHapus
  105. Imperialisme adalah sebuah kebijakan negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa berkembang.
    Sedangkan, kolonialisme merupakan penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut

    BalasHapus
  106. Kolonialisme atau Penjajahan adalah suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal, istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

    Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus
  107. Materi yang sangat bagus dan baik untuk dipelajari dikala pandemi.

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  109. Materi yang sangat bagus dan baik untuk dipelajari dikala pandemi��
    Membuat siswa-siswi jauh dari stress

    BalasHapus
  110. Kolonialisme adalah suatu usaha perluasan atau pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya. Sedangkan imperialisme adalah usaha perluasan kekuasaan (penjajahan) secara langsung suatu negara terhadap negara lain.

    BalasHapus
  111. Terima kasih, Pak, atas materinya tentang Imperialisme dan Kolonialisme di Indonesia. Semoga kita semua bisa memahaminya dan semoga berkah ilmunya.

    BalasHapus
  112. Terimakasih pak untuk materi yang telah njenengan kasih, semoga Senantiasa sehat

    BalasHapus
  113. Apa yang mendorong orang-orang Eropa untuk mengadakan penjelajahan Samudra pada akhir abad ke-16?


    Nama : Rici Saputra
    Kelas/No.Absen : XI MIPA 5/26

    BalasHapus
  114. Kolonialisme berfokus pada penguasaan suatu wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal penjajah. Sementara imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara yang lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara tersebut.

    BalasHapus
  115. Dalam sejarah peradaban umat manusia terdapat sebuah masa yang kita menamainya dengan sebutan zaman imperialisme dan kolonialisme yang berlangsung dengan sangat panjang. Imperialisme adalah sebuah paham yang mendorong setiap bangsa untuk berpikir dan berusaha menjadi yang paling berkuasa di muka bumi ini. Imperialisme telah menempatkan bangsa yang satu dengan bangsa yang lain pada posisi saling berseteru, saling memusuhi, saling memerangi dan saling menaklukan. Setiap bangsa harus berpikir dan berupaya untuk menaklukan bangsa lain dan membuat bangsa tersebut bertekuk lutut di bawah kekuasaannya. Dari situlah kemudian lahir juga praktek kolonialisme. Imperialisme dan kolonialisme memang merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Seperti dua sisi dari satu koin yang sama, seperti itulah eksistensi imperialisme yang tidak akan bisa ada tanpa kolonialisme atau sebaliknya. Ide dasar kolonialisme itu sendiri adalah sama dan satu kesatuan dengan ide dasar imperialisme. Kolonialisme dijalankan dengan menjadikan bangsa lain secara paksa sebagai bagian dari bangsanya dimana keberadaan bangsa tersebut adalah untuk menjadi penopang atau menjadi sumber penghidupan bagi bangsanya. Paktek yang demikian itu lebih kita kenal dengan istilah penjajahan.


    Nama: Nur Afni khikmawati
    Kelas: XI-mipa 3

    BalasHapus
  116. Menurut saya kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut. Sementara itu, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar

    Nama:m Rizki Febrian
    Kelas: XI MIPA 3

    BalasHapus
  117. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.


    nama: zahwa intan nisaatussiddiqiyya
    kelas: XI MIPA 1

    BalasHapus
  118. Bagus sekali isi konten materinya, membuat semakin mengerti imperialis dan kolonialisme. namun saya ingin bertanya, apakah sifat sifat dari kolonialisme itu masih ada di indonesia kalau masih ada penyebabnya apa ya? Terimakasih Pak Suwandi

    BalasHapus
  119. Dari IRA ROHMAWATI XI MIPA 3
    Pada sekitar abad ke-15 Masehi, bangsa Eropa mulai melakukan penjelajahan samudra untuk menemukan potensi sumber daya alam baru yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan peradaban Eropa.

    Berikut latar belakang penjelajahan samudra oleh bangsa Barat:
    1. Jatuhnya Konstantinopel kedalam kekuasaan Turki Utsmani pada 1453 yang menyebabkan terhalangnya perdagangan antara kawasan Eropa dan Asia.
    2. Ditemukannya alat navigasi seperti peta dan kompas.
    3. Perkembangan teknologi perkapalan di Eropa pada abad 15 Masehi yang mampu mengarungi samudra.

    BalasHapus
  120. Bangsa Portugis menguasai jalur pelayaran perdagangan antara Hindia Timur (kepulauan di timur Indonesia) sampai Eropa selama hampir satu abad. Perdagangan rempah-rempah yang dilakukan oleh bangsa Portugis ini sangat besar pengaruhnya terhadap bangsa Belanda. Terlebih lagi setelah para pedagang Belanda tidak diperkenankan lagi untuk melakukan kegiatannya di bandar perdagangan Lisboa (Lisabon, Portugis). Sehingga para pedagang Belanda merasa kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah. Oleh karena itu, para pedagang Belanda berusaha sendiri untuk mencari dan menemukan sumber rempah-rempah yang ada di dunia Timur.

    BalasHapus
  121. Terima kasih, Pak, atas materinya tentang Imperialisme dan Kolonialisme di Indonesia. Semoga kita semua bisa memahaminya dan semoga berkah ilmunya.


    nama:Ade Muhammad Gilang Romadhon
    kelas:XI ips 1

    BalasHapus
  122. Dari NURHAYATI kls XI_mipa.1 bagus sekali pk isi kontennyasaya semakin mengerti tentang perbedaan antara imperialisme dan kolonialisme tapi saya masih binggung pk apa penyebabnya?...

    BalasHapus
  123. #Kolonialisme berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. Kolonialisme pada umumnya bertujuan untuk mencapai dominasi ekonomi atas sumber daya, manusia, dan perdagangan di suatu wilayah. Wilayah koloni umumnya adalah daerah-daerah yang kaya akan bahan mentah untuk keperluan negara yang melakukan kolonialisme.



    #Imperialisme adalah usaha memperluas kekuasaan suatu negara untuk menguasai negara lain. Imperialisme dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Imperialisme kuno berlangsung sebelum revolusi industri dan bertujuan untuk memiliki kekayaan (gold), mencapai kejayaan (glory), dan menyebarkan agama (gospel). Spanyol dan portugis adalah negara yang menjalankan imperialisme kuno. Sementara Inggris merupakan negara yang menganut imperialisme modern.

    Nama:Anggie Dwi Analista
    Kelas:XI Mipa 3

    BalasHapus
  124. Pada tahun 1808, Daendels diangkat menjadi gubernur jenderal atas wilayah Indonesia. Tugas utamanya adalah untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan pasukan Inggris.

    Nama: ARIF RAHMAN HIDAYAT
    Kelas: XI MIPA 3

    BalasHapus
  125. Apa upaya yang di lakukan bangsa Indonesia untuk melawan bangsa eropa?
    Apakah ada alasan lain yang mendasari bangsa eropa menjajah negara Indonesia selain untuk mengambil hasil sumberdaya alam?

    Nama: Balqis Aqilah Ariyani
    Kelas: Xl IPS 2

    BalasHapus
  126. Apa upaya yang di lakukan bangsa Indonesia untuk melawan bangsa Eropa?
    Nama:Tasya Maldini
    Kls:Xl IPS 1
    Absen:29

    BalasHapus
  127. Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
    a. Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani
    b. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
    c. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan
    bumi ini bulat
    d. Penemuan kompas (penunjuk arah mata angin)
    e. Semangat Reconcfuesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di manapun yang dijumpainya.
    Dengan berlatar belakang inilah bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera yang dipelopori oleh bangsa Spanyol dan Portugis, serta diikuti oleh Belanda, Inggris, Perancis dan lain sebagainya.

    Nama: Nanda Serly
    Kelas: XI IPS1

    BalasHapus
  128. Eka feby nur faiz azlina
    11 ipa2
    Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus


  129. Imperialisme ialah sebuah [kebijakan] di mana sebuah negara mulia dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain supaya negara itu bisa dipelihara atau berkembang

    -sedagkan kolonialisme adl tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu.

    Nama :DIVA YANTI AGNESSIA
    KLS: XI-IPS

    BalasHapus
  130. Kolonialisme berfokus pada penguasaan suatu wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal penjajah. Sementara imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara yang lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara tersebut.

    Nama: Amanda Felanie Amalia
    Kelas: Xl MIPA 3

    BalasHapus
  131. dengan adanya imperialisme dan kolonialisme di nusantara telah membuat rakyat sengsara dan sepatutnya tidak dilakukan hal seperti itu karena hanya akan membuat perang terjadi secara terus menerus...
    NAMA : JUSVIA IBDA MUSTIKA
    KELAS: XI MIPA2

    BalasHapus
  132. Kolonialisme berfokus pada penguasaan suatu wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal penjajah. Sementara imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara yang lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara tersebut.

    Nama: Bima Nur Alfaritsi
    Kelas: XI MIPA 3

    BalasHapus
  133. #Kolonialisme berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. Kolonialisme pada umumnya bertujuan untuk mencapai dominasi ekonomi atas sumber daya, manusia, dan perdagangan di suatu wilayah. Wilayah koloni umumnya adalah daerah-daerah yang kaya akan bahan mentah untuk keperluan negara yang melakukan kolonialisme.



    #Imperialisme adalah usaha memperluas kekuasaan suatu negara untuk menguasai negara lain. Imperialisme dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Imperialisme kuno berlangsung sebelum revolusi industri dan bertujuan untuk memiliki kekayaan (gold), mencapai kejayaan (glory), dan menyebarkan agama (gospel). Spanyol dan portugis adalah negara yang menjalankan imperialisme kuno. Sementara Inggris merupakan negara yang menganut imperialisme modern.

    Nama:Dina Sofiyawati
    Kelas : XI MIPA 3

    BalasHapus
  134. Kolonialisme berfokus pada penguasaan suatu wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal penjajah. Sementara imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara yang lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara tersebut.

    Nama:Lia Anggara Anita
    Kelas:Xl MIPA6

    BalasHapus
  135. #Kolonialisme berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. Kolonialisme pada umumnya bertujuan untuk mencapai dominasi ekonomi atas sumber daya, manusia, dan perdagangan di suatu wilayah. Wilayah koloni umumnya adalah daerah-daerah yang kaya akan bahan mentah untuk keperluan negara yang melakukan kolonialisme.



    #Imperialisme adalah usaha memperluas kekuasaan suatu negara untuk menguasai negara lain. Imperialisme dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Imperialisme kuno berlangsung sebelum revolusi industri dan bertujuan untuk memiliki kekayaan (gold), mencapai kejayaan (glory), dan menyebarkan agama (gospel). Spanyol dan portugis adalah negara yang menjalankan imperialisme kuno. Sementara Inggris merupakan negara yang menganut imperialisme modern.

    nama:Ibnu Sya'ban Saputra
    Kelas:XI MIPA 6

    BalasHapus
  136. Kolonialisme berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. Kolonialisme pada umumnya bertujuan untuk mencapai dominasi ekonomi atas sumber daya, manusia, dan perdagangan di suatu wilayah. Wilayah koloni umumnya adalah daerah-daerah yang kaya akan bahan mentah untuk keperluan negara yang melakukan kolonialisme.

    nama: merry Anggraeni Soraya
    kelas:XI mipa 5

    BalasHapus
  137. Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber kekuatan, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.



    Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.


    Nama:Muhammad Firdaus Hamsyah
    Kelas:XI MIPA 6

    BalasHapus
  138. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  139. 1. Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    2. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.


    Nama : Neirizalinda Putri Zaini
    Kelas: XI MIPA 6

    BalasHapus
  140. Alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan bisa terwakili dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada alinea pertama, yang menyebutkan 'Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa'.

    Nama:Dwi setyo w
    Kelas: XI MIPA 2

    BalasHapus
  141. Terimakasih pak untuk materi hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

    Nama: Diva Anisyafitri
    Kelas: XI IPS 1

    BalasHapus
  142. Pada tahun 1811, tentara Inggris mengadakan serangan terhadap wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Belanda. Pasukan Inggris tidak mengalami kesulitan dalam menghadapi pasukan Belanda. Di samping itu, pasukan Belanda juga mendapat serangan dari para raja-raja Jawa. Serangan-serangan itu menjadi penyebab menyerahnya Belanda tanpa bersyarat.

    Dina Najmi Maulidiyah R ,XI MIPA1

    BalasHapus
  143. Alhamdulillah
    Nama: Muhammad Rizal Ardiansyah
    Kls :XI MIPA 6

    BalasHapus
  144. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    BalasHapus
  145. Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.
    Nama:Eka Fitri Wulandari
    Kelas:XI MIPA 6

    BalasHapus
  146. mengenai imperialisme dan kolonialisme di Indonesia, saya memiliki respon dan kesimpulan darinya yaitu sebagai negara yang memiliki ragam rempah dan laut yang luas, Indonesia menjadi salah satu tujuan penjajah untuk merebut kekuasaan. Penjajahan yang terjadi di Indonesia, khususnya dari bangsa Eropa, erat kaitannya dengan kolonialisme dan imperialisme. Dua hal tersebut memiliki perbedaan, namun saling melengkapi.

    BalasHapus
  147. mengenai imperialisme dan kolonialisme di Indonesia, saya memiliki respon dan kesimpulan darinya yaitu sebagai negara yang memiliki ragam rempah dan laut yang luas, Indonesia menjadi salah satu tujuan penjajah untuk merebut kekuasaan. Penjajahan yang terjadi di Indonesia, khususnya dari bangsa Eropa, erat kaitannya dengan kolonialisme dan imperialisme. Dua hal tersebut memiliki perbedaan, namun saling melengkapi.

    Nama: Jihan Nita Sukmawati
    Kelas: Xl MIPA 4
    No. Absen: 13

    BalasHapus
  148. Kompas.comMenu
    JELAJAHI
    Komentar

    Baca artikel lebih nyaman tanpa terganggu banyak iklan di aplikasi Kompas.com.
    UNDUH
    Home Skola
    Kolonialisme dan Imperialisme: Pengertian dan Latar Belakang
    Jumat, 13 Maret 2020 | 19:00 WIB
    Komentar

    Komentar Lihat Foto
    SHUTTERSTOCK
    Ilustrasi kolonialisme dan imperialisme.
    Penulis: Arum Sutrisni Putri | Editor: Arum Sutrisni Putri

    KOMPAS.com - Penjajahan yang dialami oleh bangsa Indonesia selama ratusan tahun berkaitan erat dengan kolonialisme dan impersialisme yang dilakukan oleh bangsa Eropa.

    Tahukah kamu apa itu kolonialisme dan imperialisme?

    Pengertian kolonialisme dan imperialisme
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kolonialisme adalah paham tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu.

    Menurut KBBI, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, kolonialisme Barat adalah sebuah fenomena ekonomi-politik di mana berbagai negara Eropa melakukan eksplorasi, penaklukkan, pendudukan, dan eksploitasi wilayah-wilayah dunia yang luas.
    Nama Icha Rizki Amelia
    Kelas Xl mipa 4
    No absen 11

    BalasHapus
  149. Kolonialisme mengontrol atau mengambil kendali atas berbagai bidang. Contoh bidang politik dan ekonomi. Imperialisme mengontrol atau mengambil kendali pada bidang politik atau ekonomi, baik secara formal atau informal.

    BalasHapus
  150. Apa upaya yang di lakukkan bangsa Indonesia untuk melawan bangsa Eropa


    Nama: ulfatun Nikmah
    Kelas:XI MIPA 3
    No absen: 32

    BalasHapus
  151. Pengertian kolonialisme dan imperialisme
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kolonialisme adalah paham tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu.

    Menurut KBBI, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

    Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, kolonialisme Barat adalah sebuah fenomena ekonomi-politik di mana berbagai negara Eropa melakukan eksplorasi, penaklukkan, pendudukan, dan eksploitasi wilayah-wilayah dunia yang luas.
    Nama Icha Rizki Amelia
    Kelas Xl mipa 4
    No absen 11

    BalasHapus
  152. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu


    Nama. :Qonita Shofiyani
    Kelas. :XI mipa 1
    Absen. :26

    BalasHapus
  153. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal
    Nama: hadziqotun huwaina rizqillah
    Kelas: XI MIPA 6

    BalasHapus
  154. -Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang.Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    -Sedangkan Kolonialisme merupakan suatu paham mengenai penguasaan wilayah atau negara oleh bangsa lain dengan maksud untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut.
    Nama: Dian Layung Sari
    Kelas: XI MIPA 6
    Absen: 05

    BalasHapus
  155. Kolonialisme berfokus pada penguasaan suatu wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal penjajah. Sementara itu imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara yang lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara tersebut.

    Ada empat aspek utama yang terjadi di Indonesia setelah merespon sistem kolonialisme dan imperialisme, antara lain ekonomi dan politik, sosial dan budaya, seni dan sastra, serta dibidang pendidikan.

    Vira Amilia Fikrotun Nabila
    XI ips 3
    Absen 29

    BalasHapus

  156. Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
    Nama:athfi najwa nabilah
    Kls:X1mipa 2

    BalasHapus
  157. Kolonialisme adalah pengembangan adidaya/kekuasaan suatu negara terhadap wilayah lain di luar negaranya sendiri maupun dari segi wilayah atau pun rakyatnya di wilayah tersebut,biasnya dilakukan untuk mengeksploitasi sumber daya,tenaga kerja dan pasar(ekonomi) dari wilayah tersebut.

    Nama: Emi Rahmawati
    Kelas: Xl MIPA 3

    BalasHapus
  158. Kolonialisme adalah pengembangan adidaya/kekuasaan suatu negara terhadap wilayah lain di luar negaranya sendiri maupun dari segi wilayah atau pun rakyatnya di wilayah tersebut,biasnya dilakukan untuk mengeksploitasi sumber daya,tenaga kerja dan pasar(ekonomi) dari wilayah tersebut.

    nama : dyan sasi kirana
    kelas : XI-ips.2

    BalasHapus
  159. Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
    a. Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani
    b. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
    c. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan
    bumi ini bulat
    d. Penemuan kompas (penunjuk arah mata angin)
    e. Semangat Reconcfuesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di manapun yang dijumpainya.






    Nama:Shofa Shofiana Syifaul Layliyah
    Kelas:XI IPS2
    Absen:26

    BalasHapus
  160. Kolonialisme adalah pengembangan adidaya/kekuasaan suatu negara terhadap wilayah lain di luar negaranya sendiri maupun dari segi wilayah atau pun rakyatnya di wilayah tersebut,biasnya dilakukan untuk mengeksploitasi sumber daya,tenaga kerja dan pasar(ekonomi) dari wilayah tersebut


    Nama : Dwi Rafi'uddien afkari putra akbar
    Kelas : XI IPS 1
    absen : 05

    BalasHapus
  161. Kolonialisme berfokus pada penguasaan suatu wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal penjajah. Sementara imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara yang lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara
    Putrie dwi ayu lestary
    XI ips 1

    BalasHapus
  162. Assalamualaikum pak materi sangat mudah di fahami dan semoga dapat bermanfaat

    BalasHapus
  163. Kolonialisme merupakan penguasaan wilayah/negara oleh bangsa lain untuk memperluas wilayah kekuasaan bangsa tersebut.
    •Imperalisme merupakan sistem politik yg bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yg ke besar.

    •LATAR BELAKANG MASUKNYA BANGSA EROPA KE INDONESIA
    -Pada akhir abad ke 15 dan permulaan abad ke 16,pelaut bangsa Eropa berhasil menjelajah samudera yg luas dan sampai ke negeri Amerika,Afrika,Asia timur termasuk Indonesia.
    -Hal ini terjadi karena jatuhnya kota konstantinopel ke tangan Turki Usmani dan berakhirlah kekuasaan kerajaan Romawi yg berakibat tertutupnya perdagangan laut tengah bagi orang2 Eropa. sehingga mempersulit perdagangan antar timur.
    Setya andarisma XI Mipa 5

    BalasHapus
  164. Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
    a. Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani
    b. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
    c. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan
    bumi ini bulat
    d. Penemuan kompas (penunjuk arah mata angin)
    e. Semangat Reconcfuesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di manapun yang dijumpainya.
    Dengan berlatar belakang inilah bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera yang dipelopori oleh bangsa Spanyol dan Portugis, serta diikuti oleh Belanda, Inggris, Perancis dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  165. Sejak tahun 1816-1900, indonesia menetang masuk dan berkuasanya banhsa asing termasuk Belanda.
    Pertentangan apa yang terjadi antara bangsa Indonesia dengan Belanda?

    Nama : Firda agustin
    Kelas : XI Mipa 5
    No.absen :15

    BalasHapus
  166. Saya mau tanya pak kira"bagaimana perjanjian London itu dibentuk?

    Nama: Selly Airin Diani zamir
    Kelas:XI Mipa 4

    BalasHapus
  167. Terima kasih, Pak, atas materinya mengenai Imperialisme dan Kolonialisme di Indonesia. Semoga kita semua bisa memahami, meskipun tidak semua dari kita menyukai pelajaran Sejarah. Namun, dengan ini, kita sepatutnya bersyukur dan bangga menjadi warga Indonesia. Begitu luar biasa perjuangan para pahlawan dalam menghadapi penjajah. Dan kita sebagai pelajar, sudah seharusnya paham mengenai tugas yang diemban dan menjalaninya dengan kesungguhan.

    Mohammad Fatikhul Asror
    XI MIPA 4

    BalasHapus
  168. Faktor-faktor yang mendorong orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
    A. Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani
    B. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
    C. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan
    bumi ini bulat
    D. Penemuan kompas (penunjuk arah mata angin)
    E. Semangat Reconcfuesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di manapun yang dijumpainya.

    Agus Choirudin M
    XI MIPA 4

    BalasHapus
  169. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.
    Kolonialisme sendiri memiliki tujuan mencapai dominasi kekuatan dalam bidang ekonomi, sumber daya alam, sumber daya manusia, dan politik.
    Faktor utama penyebaran kolonialisme beserta imperialisme adalah adanya Perang Salib dan jatuhnya Konstantinopel oleh Turki Utsmani di tahun 1453.

    Nama: M.Robbis Thofani A.
    Kelas: 11 Mipa4

    BalasHapus
  170. Izin bertanya pak... Seperti yang diketahui bahwa yang pertama kali menguasai Indonesia adalah Portugis, tetapi mengapa Belanda melalui VOC justru yang dapat berkuasa lama di Indonesia?

    BalasHapus
  171. Salah satu pelajaran penting dari jatuhnya Konstantinopel yaitu diperolehnya rute baru dalam mendapatkakan rempah-rempah setelah adanya


    Nama : Muhammad Mughofur

    BalasHapus
  172. Kolonialisme adalah sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal


    Nama : Rio jati Maulana
    Kelas: 11 MIPA 3

    BalasHapus
  173. Jatuhnya kota konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani menjadi fokus utama penyebab berakhirnya kekuasaan kerajaan Romawi timur, namun mulai bangkit setelah abad ke-15 permulaan abad-16 dengan menjelajahi beberapa samudra

    BalasHapus
  174. Jatuhnya kota konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani menjadi fokus utama penyebab berakhirnya kekuasaan kerajaan Romawi timur, namun mulai bangkit setelah abad ke-15 permulaan abad-16 dengan menjelajahi beberapa samudra





    Nama: Fauziyah Syahidah
    Kelas:X MIPA 5

    BalasHapus
  175. Komen kek ngene,
    Jatuhnya kota konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani menjadi fokus utama penyebab berakhirnya kekuasaan kerajaan Romawi timur, namun mulai bangkit setelah abad ke-15 permulaan abad-16 dengan menjelajahi beberapa samudra

    Yayan Firmansyah
    X MIPA 5

    BalasHapus
  176. Jatuhnya kota konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani menjadi fokus utama penyebab berakhirnya kekuasaan kerajaan Romawi timur, namun mulai bangkit setelah abad ke-15 permulaan abad-16 dengan menjelajahi beberapa samudra

    nama : dimas bramudia XI ipa 6

    BalasHapus
  177. Materi sngat mudah di pahami


    Nama:Nadya nur f
    Kls:XI mipa 3

    BalasHapus
  178. Assalamualaikum pak, saya Tri Wilis Arum Puspita dari kelas XI MIPA 1 mau bertanya tentang materi ini, mengapa kok belanda sangat berantusias untuk memecah negara indonesia pada saat itu?

    BalasHapus
  179. Penaklukan konstantinopel di mulai pada 6 April 1453 Masehi. Pasukan ustmani di bawah pimpinan Al-fatih berjumlah 150.000 pasukan dengan senjata-senjata raksasa seperti meriam Basilika yang dibuat dengan teknologi pada masa itu. Pada tanggal 22 April 1453 terdapat peristiwa yang sangat luar biasa yaitu pengangkatan 72 kapal dari selat Bosphorus ke selat tanduk melalui bukit galatin dalam waktu 1 malam,pada tanggal 28 April 1453 seluruh orang yang ikut perang melakukan puasa Sunnah sebagai bentuk pendekatan diri kepada yang maha kuasa dan besoknya tanggal 29 jam 01.00 seluruh orang melakukan sholat tahajud dan Muhammad Al Fatih berkhutbah di Depan semuanya dan khutbahnya Sangat melegenda dan di kenang sampai sekarang,pada tanggal 29 Mei 1453 akhirnya Muhammad Al Fatih dan pasukan berhasil menaklukkan kota konstantinopel setelah melewati 50+ hari perang. Dengan jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan kekuasaan Turki Usmani, maka berakhirlah kekuasaan Kerajaan Romawi Timur. Hal ini juga berakibat tertutupnya perdagangan di Laut Tengah bagi orang-orang Eropa. Bangsa Turki menjalankan politik yang mempersulit pedagang Eropa beroperasi di daerah kekuasaannya. Keadaan seperti ini menyebabkan perdagangan antara dunia Timur dengan Eropa menjadi mundur, sehingga barang-barang yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa menjadi berkurang di pasaran Eropa, terutama rempah-rempah



    MOH ADI WIRANATA
    XI-MIPA5

    BalasHapus
  180. Kolonialisme berasal dari kata Koloni, nah koloni menurut bahasa latin artinya pemukiman. Upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah/wilayah untuk mendapatkan sumber daya disebut kolonialisme.

    Kolonialisme umumnya dilakukan oleh negara-negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat. Contohnya seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Negara-negara tersebut berhasil menguasai negara-negara lainnya termasuk Indonesia.
    Nama: Aris Tania Pratama Wayang dari
    Kelas:XI MIPA 2

    BalasHapus
  181. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    Imperialisme pada masa ini disebut imperialisme baru, untuk membedakan dengan gelombang kolonialisme dan imperialisme yang terjadi sebelumnya, khususnya gelombang penjajahan yang terjadi di antara abad ke-15 hingga awal abad ke-19. Salah satu hal yang membedakannya adalah ideologi bahwa penjajahan ini dilakukan untuk membantu bangsa-bangsa yang tertinggal. Selain itu, motivasi ekonomi pada masa ini dipengaruhi oleh perkembangan setelah revolusi industri.

    Nama : ELSA INDRI ANGGRAINI
    Kelas: XI mipa 4

    BalasHapus
  182. Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber kekuatan, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.



    Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    Nama: Adelia Duwi Kartina
    Kelas:Xl mipa 1

    BalasHapus
  183. Imperialisme ialah sebuah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.


    Nama:Zumrotus Sholikah
    Kelas: IX MIPA. 1

    BalasHapus
  184. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.
    Kolonialisme sendiri memiliki tujuan mencapai dominasi kekuatan dalam bidang ekonomi, sumber daya alam, sumber daya manusia, dan politik.
    Faktor utama penyebaran kolonialisme beserta imperialisme adalah adanya Perang Salib dan jatuhnya Konstantinopel oleh Turki Utsmani di tahun 1453.


    Nama: Desy Tri Utami
    Kelas: XI MIPA 1

    BalasHapus
  185. Kolonialisme adalah paham yang mengajarkan penjajahan. Artinya sebuah bangsa diperbolehkan menjajah bangsa lain dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini perkara yang tidak manusiawi, maka perlu ditolak.



    Nama:Vanesa Meilinda
    Kelas:XI MIPA 1

    BalasHapus
  186. -Kolonialisme berfokus pada penguasaan suatu wilayah dengan sumber daya alam tertentu untuk dibawa ke negeri asal penjajah.

    -Sementara imperialisme berfokus dalam penguasaan politik dan pemerintahan negara yang lain untuk memiliki pengaruh terhadap negara tersebut.




    Nama:irma suryani
    Kelas'XI MIPA 6

    BalasHapus
  187. Kolonialisme adalah paham yang mengajarkan penjajahan. Artinya sebuah bangsa diperbolehkan menjajah bangsa lain dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini perkara yang tidak manusiawi, maka perlu ditolak.


    Nama: MUHAMMAD RAMADHANI PUTRA PRATAMA
    Kelas: XI-MIPA3

    BalasHapus
  188. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    Imperialisme pada masa ini disebut imperialisme baru, untuk membedakan dengan gelombang kolonialisme dan imperialisme yang terjadi sebelumnya, khususnya gelombang penjajahan yang terjadi di antara abad ke-15 hingga awal abad ke-19. Salah satu hal yang membedakannya adalah ideologi bahwa penjajahan ini dilakukan untuk membantu bangsa-bangsa yang tertinggal. Selain itu, motivasi ekonomi pada masa ini dipengaruhi oleh perkembangan setelah revolusi industri. Bangsa-bangsa yang telah mengalami revolusi industri mencoba meningkatkan keuntungan dengan mencari daerah-daerah dengan bahan mentah, tenaga kerja yang murah, dan kompetisi yang lemah.

    Nama: Arif Lismana
    Kelas:XI MIPA 4

    BalasHapus
  189. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

    Imperialisme pada masa ini disebut imperialisme baru, untuk membedakan dengan gelombang kolonialisme dan imperialisme yang terjadi sebelumnya, khususnya gelombang penjajahan yang terjadi di antara abad ke-15 hingga awal abad ke-19. Salah satu hal yang membedakannya adalah ideologi bahwa penjajahan ini dilakukan untuk membantu bangsa-bangsa yang tertinggal. Selain itu, motivasi ekonomi pada masa ini dipengaruhi oleh perkembangan setelah revolusi industri. Bangsa-bangsa yang telah mengalami revolusi industri mencoba meningkatkan keuntungan dengan mencari daerah-daerah dengan bahan mentah, tenaga kerja yang murah, dan kompetisi yang lemah.

    Nama: Arif Lismana
    Kelas:XI MIPA 5

    BalasHapus
  190. Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16 di antaranya:
    a. Jatuhnya kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani
    b. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
    c. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan
    bumi ini bulat
    d. Penemuan kompas (penunjuk arah mata angin)
    e. Semangat Reconcfuesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di manapun yang dijumpainya.


    nama: Rizky faricatun nisa
    kelas:XI ips2

    BalasHapus
  191. Imperialisme adalah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar bisa dipelihara atau berkembang.

    Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia diluar batas negaranya, sering kali untuk mencari tenaga kerja dan pasar wilayah tersebut.


    Nama : Stefani Widodo
    Kelas : XI Ips 1

    BalasHapus
  192. terimakasih pak atas pemblajaran nya.

    Nama : Stefani Widodo
    Kelas : XI Ips 1.

    BalasHapus
  193. Kolonialisme adalah paham yang mengajarkan penjajahan. Artinya sebuah bangsa diperbolehkan menjajah bangsa lain dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini perkara yang tidak manusiawi, maka perlu ditolak.

    BalasHapus
  194. Kolonialisme adalah paham yang mengajarkan penjajahan. Artinya sebuah bangsa diperbolehkan menjajah bangsa lain dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini perkara yang tidak manusiawi, maka perlu ditolak.
    Nama:farikatul maulidya
    Kelas:11 mipa 4

    BalasHapus