Rabu, 29 September 2010

Kerajaan Tarumanagara

a. Lokasi Kerajaan
Berdasarkan penemuan beberapa prasasti tentang Kerajaan Taruma¬negara, maka letak kerajaan itu adalah di wilayah Jawa Barat, dengan pusat kerajaan terletak di sekitar daerah Bogor sekarang.
Adapun wilayah kekuasaan Tarumanegara meliputi daerah Banter^ Jakarta, sampai perbatasan Cirebon, sehingga dapat ditafsirkan bahwa pada masa pemerintahan Raja Purnawarman wilayah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara hampir menguasai seluruh wilayah Jawa Barat.
b. Sumber Sejarah
Sumber-sumber sejarah Kerajaan Tarumanegara .berasal dari berita asing dan prasasti-prasasti (dari dalam negeri).
Berita Asing Berita Cina, dari zaman Dinasti
Tang menyebutkan bahwa seorang pendeta yang bernama Fa-Hien terdampar di pantai utara Pulau Jawa (414M) ketika ia hendak kembali dari India ke negerinya di Cina. Dalam catatan perjalanannya, ia menye¬butkan bahwa di daerah pantai utara Pulau Jawa bagian barat telah ditemukan masyara-kat yang mendapat pengaruh Hindu (India). Masyarakat yang ditemukan itu diperkirakan menjadi bagian dari masyarakat Kerajaan Tarumanegara.
Prasasti Prasasti-prasasti yang menerangkan keberadaan Kerajaan Tarumanegara antara lain:
Prasasti Ciaruteun (Ciampea, Bogor), Prasasti Kebon Kopi (Bogor), Prasasti Jambu (Bogor), Prasasti Muara Cianten (Bogor), Prasasti Tugu (Jakarta Utara), Prasasti Pasir Awi (Leuwiliang), Prasasti Munjul (Banten)
Prasasti-prasasti tersebut menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Namun, karena pada prasasti tidak ditemukan angka tahun, maka untuk menentukan tahun tulisan prasasti itu diadakan perbandingan melalui huruf-huruf pada prasasti yang ditemukan di India. Dari perbandingan tersebut, prasasti itu diperkirakan ditulis pada abad ke-5 M.
Kehidupan Politik
Berdasarkan tulisan yang terdapat pada prasasti-prasasti diketahui bahwa raja yang pernah memerintah di Kerajaan Tarumanegara hanyalah Raja Purnawarman. Bahkan raja siapa yang pernah memerintah sebelum dan sesudah Raja Purnawarman tidak pernah diketahui. Hal ini disebabkan tidak terdapatnya data yang menyatakan tentang keberadaan raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Tarumanegara.
Raja Purnawarman adalah raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Hal ini dibuktikan dari prasasti tugu yang menyata¬kan Raja Purnawarman telah memerintah untuk menggali satu saluran air. Penggalian saluran air ini sangat besar artinya, karena merupakan pem-buatan saluran irigasi untuk memperlancar pengairan sawah-sawah pertanian rakyat.

5 komentar:

  1. alfinayah xi ipa2

    Kerajaan tarumanegara terletak di wilayah Jawa Barat, dengan pusat kerajaan terletak di sekitar daerah Bogor sekarang.
    Adapun wilayah kekuasaan Tarumanegara pada masa pemerintahan Raja Purnawarman yang merupakan satu-satunya raja, hampir meliputi seluruh wilayah Jawa Barat.

    Sumber-sumber sejarah Kerajaan Tarumanegara .berasal dari berita asing dan prasasti-prasasti (dari dalam negeri).
    Berita Asing Berita Cina, dari zaman Dinasti
    seorang pendeta yang bernama Fa-Hien terdampar di pantai utara Pulau Jawa (414M) ketika ia hendak kembali dari India ke negerinya di Cina. Dalam catatan perjalanannya, ia menyebutkan bahwa di daerah pantai utara Pulau Jawa bagian barat telah ditemukan masyarakat dari Kerajaan Tarumanegara yang mendapat pengaruh Hindu (India).
    Prasasti Prasasti-prasasti yang menerangkan keberadaan Kerajaan Tarumanegara menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. prasasti itu diperkirakan ditulis pada abad ke-5 M.

    Raja Purnawarman adalah raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Hal ini dibuktikan dari prasasti tugu yang menyatakan Raja Purnawarman telah memerintah untuk menggali satu saluran air irigasi untuk memperlancar pengairan sawah-sawah pertanian rakyat.

    BalasHapus
  2. Sangat Membantu untuk tugas sejarah!
    Thank's | Gomawoo~ | Trim's
    :D :D :D

    BalasHapus
  3. kenapa kerajaan tarumanegara menjadi kerajaan hindu pertama di jawa

    BalasHapus
  4. Very good. Thanks fo this article.

    BalasHapus